Begini Caranya Supaya Si Kecil Terhindar dari Ruam Popok

Merries Insight
13 November 2015
Kesehatan
Share
Begini Caranya Supaya Si Kecil Terhindar dari Ruam Popok

Ruam popok merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada bayi. Biasanya masalah ini akan terjadi sepanjang tahun pertamanya. Ruam popok ini bisa mengakibatkan lecet-lecet, bintik merah, dan rasa gatal yang menyiksa, sehingga si kecil pun akan cenderung rewel.

Lantas, bagaimana cara mencegah supaya ruam popok ini tidak menimpa si kecil?

Sebenarnya, prinsip untuk menjaga si kecil dari ruam popok adalah, memastikannya tetap kering, dan kulit bokongnya bisa tetap bernafas. Untuk itu, pilihlah bahan popok yang lembut dan memiliki rongga agar kulit bisa bernafas dengan bebas, seperti yang ditawarkan oleh Popok Merries.

Popok Merries merupakan popok No.1 di Jepang dan sudah terbukti ampuh melindungi si kecil dari ruam dengan cara menjaga kulitnya tetap kering dan bebas bernafas. Tidak hanya itu, popok Merries pun di buat dari bahan yang lembut, sehingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Selain itu, berikut merupakan beberapa cara untuk menjauhkan si kecil dari ruam popok.

  • Bersihkan area kelamin si kecil hingga menyeluruh setiap akan mengganti popoknya.
  • Ketika anda akan mengeringkan bokong si kecil yang basah, sebaiknya lakukanlah dengan cara menepuk-nepuk, dan hindari cara menggosok
  • Kalau si kecil tampak rentan terhadap serangan ruam popok, sebaiknya lapisi pantat si kecil dengan salep pelindung khusus ruam. Produk anti ruam ini sudah banyak beredar di pasaran.
  • Sebaiknya hindari pemakaian bedak talek, dan lebih memilih untuk menggunakan bedak krim.
  • Ketika anda akan mengenalkan si kecil dengan makanan padat, sebaiknya kenalkan satu per satu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh si kecil memiliki alergi dengan makanan tertentu atau tidak. Biasanya, reaksi alergi ini bisa diperlihatkan juga dengan ruam.
  • Beri si kecil ASI selama yang anda Dengan mengonsumsi ASI, si kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, sehingga akan menjaganya tetap sehat. Selain itu, hindari penggunaan antibiotik sejak dini, dan biarkan sistem imunnya sendiri yang melawan.

Dengan beberapa cara di atas, semoga saja si kecil tidak menderita ruam dan masalah kulit lainnya. Jika masalah ruam ini terus membesar dan sulit dikendalikan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba!