5 Resep Olahan Jagung untuk MPASI

Merries Insight
21 Oktober 2020
Kesehatan
Share
5 Resep Olahan Jagung untuk MPASI

Setelah enam bulan, Si Kecil mulai makan selain tentu saja terus meminum Air Susu Ibu (ASI). Moms tentu mulai mencari menu-menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang paling tepat untuk Si Kecil. Pada fase ini, biasanya Moms bukan hanya mencoba satu jenis karbohidrat misalnya nasi saja, namun mencoba berbagai jenis.

Salah satu jenis karbohidrat yang paling sering digunakan untuk MPASI antara lain adalah jagung. Selain rasanya yang enak, jagung juga mudah diolah untuk mulai mengenalkan makanan bagi Si Kecil. Beberapa resep olahan jagung ini boleh Moms coba untuk MPASI si kecil.

1. Puree Jagung, Wortel, dan Labu

Selain sebagai karbohidrat, ternyata Jagung memiliki beragam manfaat salah satunya untuk memaksimalkan kesehatan saraf dan perkembangan otak dari thamin yang terkandung di dalam jagung. Selain itu, rasa manis dari jagung juga membuat olahan jagung tidak perlu ditambah pemanis lagi namun sudah enak dimakan.

Saat baru mulai makan, Si Kecil dikenalkan makanan berupa puree yang lembek dan mudah dicerna. Puree jagung, wortel, dan labu ini tentu sangat enak dan penuh manfaat bagi si kecil.

Bahan:

85g jagung manis

192g cangkir wortel

32g cangkir labu.

Cara membuat:

  1. Potong wortel dan labu yang sudah dikeluarkan bijinya menjadi ukuran kecil
  2. Dalam panci sedang, didihkan sekitar 50 ml air. Dalam wadah kukusan, masukkan wortel dan labu. Tutup wadah dan kukus selama tujuh menit
  3. Tambahkan jagung ke dalam campuran wortel dan labu, lalu tutup dan lanjutkan pengukusan selama tiga menit.
  4. Dinginkan sejenak dan tambahkan sedikit air kukusan.
  5. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan selama satu hingga dua menit atau hingga mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Moms juga dapat menambahkan sedikit air atau ASI untuk mencapai konsistensi MPASI yang sesuai.

2. Bubur Jagung-Bayam

Bayam menjadi salah satu sumber zat besi yang cukup digemari untuk olahan MPASI. Saat dicampur dengan jagung, bayam juga menjadi favorit orang dewasa. Agar Si Kecil bisa menikmati nikmatnya jagung dan bayam, coba Moms buatkan si kecil Bubur Jagung Bayam, yang selain enak juga kaya nutrisi. 

Bahan:

32g bayam

½ bonggol jangung manis

1 siung bawang putih

2 siung bawang merah

Sedikit nasi putih

Garam secukupnya (optional, tidak lebih dari 1/4 sdt garam)

Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kukus jagung hingga empuk
  2. Rebus bayam, irisan bawang putih dan bawang merah sampai terasa empuk
  3. Rebus air bersama nasi hingga menjadi bubur. Masukkan rebusan bayam dan jagung, lalu aduk hingga semuanya tercampur rata dan mencapai konsistensi dan tekstur yang diinginkan.

3. Puree Jagung, Apel, dan Ubi Jalar

Saat MPASI juga menjadi waktu yang tepat mengenalkan rasa pada Si Kecil. Jagung karena mudah diolah, bisa menjadi hidangan bukan hanya gurih namun juga bisa manis namun dengan manfaat yang tetap sama.

Bahan:

172g biji jagung

1 buah apel

1 ubi jalar.

Cara membuat:

  1. Kupas buah apel dan ubi jalar, lalu potong dadu
  2. Rebus seluruh jagung dan steam apel serta ubi jalar
  3. Masukkan jagung, apel dan ubi jalar ke dalam blender, hingga mendapatkan konsistensi yang diinginkan sebagai MPASI

4. Krim Sup Jagung

Krim Sup Jagung juga kerap menjadi favorit Moms karena mudah dibuat dan juga favorit Si Kecil karena rasanya yang nikmat.

Bahan:

2 potong ayam kampung yang sudah di rebus empuk, lalu cincang

125 ml susu UHT full cream, ini tidak bisa diganti ASI ya, Moms.

3 sdm terigu

1 sdm maizena

2 buah wortel

1 buah jagung

Minyak secukupnya

2 siung bawang putih

1/2 siung bawang putih

Garam, gula, merica, secukupnya

3 gelas air

Cara Membuat:

  1. Rebus 3 gelas air hingga mendidih
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan minyak panas
  3. Setelah air mendidih, masukan ayam cincang, tumisan bawang, wortel potong dadu, jagung yang sudah disisir, garam, gula, merica. Tunggu hingga matang
  4. Larutkan tepung maizena dan terigu ke dalam susu UHT. Aduk hingga tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal.
  5. Masukkan larutan susu UHT ke dalam sup yang sudah matang, lalu aduk hingga matang dengan tekstur yang diharapkan

5. Jagung, Susu, Keju

Jagung, susu, keju alias Jasuke juga bisa diberikan sebagai MPASI dengan tekstur yang disesuaikan dengan usia dan kemampuan mencerna Si Kecil. Untuk usia 7-8 bulan, jasuke bisa diblender hingga menjadi seperti puree. Sementara untuk Si Kecil yang sudah memiliki gigi dan naik tekstur bisa mengonsumsi jasuke tanpa dihaluskan.

Bahan:

Jagung manis pipil

Susu formula/ASIP

Keju

Cara Membuat:

  1. Rebus jagung manis pipil
  2. Untuk bayi yang lebih muda (usia 7-8 bulan), diamkan jagung sejenak sebelum dihaluskan dengan blender dan ditambah dengan ASI atau susu formula.
  3. Tambah dengan parutan keju
Perhatikan Usia dan Poop Si Kecil

Jagung memang baik untuk MPASI, hanya saja perlu diperhatikan kalau bayi yang boleh mengonsumsi jagung dianjurkan sudah berusia tujuh bulan ke atas, karena jagung cukup sulit dicerna. Apalagi kalau keluarga memiliki riwayat alergi disarankan mengonsumsi jagung pada Si Kecil dimulai pada usia satu tahun. Oleh karena itu, perhatikan apakah ada reaksi atau efek samping pada Si Kecil usai mengkonsumsi jagung dan segera konsultasikan dengan dokter.

Namun, perubahan tekstur kotoran lunak sebenarnya lumrah terjadi saat Si Kecil dikenalkan pada menu MPASI baru kok Moms. Perubahan tekstur kotoran hanya sebatas bentuk adaptasi pencernaan Si Kecil. Oleh karena itu, pastikan Si Kecil menggunakan popok Merries ya Moms. Di usia 6 bulan ke atas saat Si Kecil dikenalkan dengan MPASI, Moms bisa memilih popok celana Merries. Permukaan popok yang bergelombang pada popok Merries Pants ukuran M dapat menyerap kotoran lunak agar tidak menyentuh kulit Si Kecil. 

Ditambah lagi, saat mengonsumsi jagung Si Kecil sangat dianjurkan lebih banyak bergerak karena akan membantu metabolismenya. Oleh sebab itu Moms, popok celana Merries akan membantu Moms menjaga terus senyum Si Kecil karena popok memiliki karet pada pinggang dan paha yang fleksibel agar bisa pas di badan Si Kecil namun tetap terasa nyaman. Gunakan Popok Merries yang memang sudah didesain mampu menjaga kulit Si Kecil tetap nyaman dan tidak lembap karena memiliki sirkulasi terowongan udara pada bagian pinggang yang baik. Selain menu berbahan jagung, cari tahu menu MPASI berbahan daging yang bisa Moms pilih sebagai variasi menu MPASI penuh nutrisi Si Kecil. Cari tahu dengan klik artikel ini.