Ini Yang Harus Dads Lakukan Saat Moms Hamil Muda!

Merries Insight
05 Maret 2019
Umum
Share
Ini Yang Harus Dads Lakukan Saat Moms Hamil Muda!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Tunjukan Dukungan Terhadap Pasangan
  2. Baca Informasi Tentang Kehamilan
  3. Jalankan Gaya Hidup Lebih Sehat
  4. Lakukan Saja Apa Yang Diminta

Setelah menunggu cukup lama, kini Dads sudah bisa bernafas lega karena di rahim pasangan kini sudah tertanam benih yang kelak akan jadi penyempurna hubungan pernikahan. Tapi ingat, kehamilan bukan hanya tanggung jawab pasangan, Dads pun harus ikut campur dalam mensukseskan kehamilan pasangan.

Biar tidak bingung, berikut merupakan beberapa hal yang wajib Dads lakukan saat tahu Moms sedang hamil muda.

Tunjukan Dukungan Terhadap Pasangan

Di awal masa kehamilan, kebanyakan wanita akan terjebak dalam perasaan yang campur aduk. Bahagia karena akan menjadi wanita sempurna, takut karena selama kehamilan akan terjadi banyak perubahan pada tubuhnya, dan mungkin akan dianggap tidak menarik lagi.

Kondisi ini makin diperparah dengan lonjakan hormon yang tidak terkendali, sehingga membuat wanita hamil sangat rentan dengan stres dan mood swing. (oleh dr Teresa Malcolm, MD., dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Phoenix Integrated Residency)

Untuk menghindari stres dan mood swing yang bisa berdampak buruk pada kesehatan janin dalam kandungan, Dads wajib memberikan dukungan penuh pada kehamilan pasangan sebagai bentuk rasa cinta.

Yakinkan pasangan jika apapun yang terjadi, dia merupakan yang terbaik. Terus berikan pujian, dan manjakan pasangan dengan kasih sayang. Selama masa kehamilan, Dads pun disarankan untuk menghindari kerja lembur demi menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan.

Baca Informasi Tentang Kehamilan

Agar lebih memahami kondisi pasangan, Dads wajib membaca lebih banyak informasi tentang kehamilan, terutama asupan gizi yang dibutuhkan, apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang kehamilan sehat, dan berbagai fakta lainnya terkait kehamilan.

Tapi ingat, pastikan Dads mengecek sumber informasi tersebut. Informasi kehamilan ini bisa Dads dapatkan dari portal berita kesehatan yang menyertakan ulasan dan pendapat pakar, web kesehatan yang menyertakan rubrik konsultasi online dengan dokter spesialis, buku terntang kehamilan dan sumber terpercaya lainnya.

Saat mengantar pasangan memeriksakan kehamilan ke dokter, gunakan kesempatan ini untuk bertanya lebih banyak terkait informasi kehamilan yang sebelumnya Dads dapatkan. Hal ini diperlukan sebagai upaya konfirmasi langsung demi menghindarkan risiko terkena berita palsu.

Jalankan Gaya Hidup Lebih Sehat

Dukungan nutrisi yang baik selama masa kehamilan dengan cara memilih makanan kaya nutrisi, berpengaruh besar pada kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin dalam kandungan. (oleh dr M. Adya F. Dilmy, SpOG, BMsc., dokter bagian fetomaternal RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta)

Selama masa kehamilan, Dads wajib mendukung pasangan untuk mendapatkan lebih banyak asupan makanan sehat, terutama makanan dengan kandungan zat besi, protein, asam folat, serat, omega-3, kalsium dan nutrisi lainnya.

Tapi ingat, tidak hanya pasangan yang harus menjalankan gaya hidup sehat, Dads pun wajib melaksanakan dengan cara menjauhi rokok, minuman beralkohol dan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, ajak pasangan untuk jalan-jalan dan olahraga bersama sebagai wujud dukungan Dads atas kehamilan pasangan.

Lakukan Saja Apa Yang Diminta

Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan akan membuat ibu hamil jadi sangat sensitif. Terkadang, perlakuan biasa pun akan disikapi dengan sangat luar biasa. Tidak hanya bersedih, pasangan pun bisa langsung menangis sesegukan seolah Dads sudah sangat menyakiti hatinya.

Misalnya, saat pasangan minta buah mangga di tengah musim rambutan, mungkin ini terdengar konyol. Tapi jangan banyak tanya, apalagi membantah. Cobalah untuk berusaha memenuhi permintaannya. Jika sudah berusaha tapi tidak berhasil, Dads bisa menjelaskan pada pasangan dengan bahasa yang lembut.

Contoh lainnya, saat tengah terlelap di tengah malam dan pasangan minta Dads untuk memijat kakinya, jangan dibantah. Lakukan saja dengan maksimal, hal ini dilakukan agar pasangan tahu Dads benar-benar mau berjuang bersama untuk mewujudkan kehamilan yang sehat.

Memang terdengar berat memang. Tapi percayalah, dengan meredam ego dan niatkan ini sebagai cara untuk mewujudkan kehamilan yang sehat, hal ini akan terasa ringan.