Ini Manfaat Si Kecil Sering Main Bareng Dads

Merries Insight
27 September 2018
Tumbuh Kembang
Share
Ini Manfaat Si Kecil Sering Main Bareng Dads

Artikel ini berisi tentang :

  1. Si Kecil Lebih Cerdas
  2. Emosi Si Kecil Lebih Stabil
  3. Si Kecil Mudah Bersosialisasi
  4. Meningkatkan Kepercayaan Diri Si Kecil

Terkadang, menyempatkan diri untuk bermain dengan Si Kecil sepulang kerja merupakan hal yang sangat melelahkan. Tapi jika Dads melihat manfaatnya, dijamin rasa lelah ini akan terbayar tuntas, bahkan bukan tidak mungkin Dads akan makin semangat menyediakan quality time bersama mereka.

Si Kecil Lebih Cerdas

Selama bermain, mereka akan melakukan aktivitas fisik yang menbutuhkan kesimbangan, kreativitas dan fokus yang tinggi. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat mereka tumbuh menjadi anak yang tangguh dan lebih cerdas. (oleh Psikolog Rini Hildayani, M.Si)

Selain itu, Rini menjelaskan jika Si Kecil yang rutin bermain dengan Dads (setidaknya 2-3 jam di sore hari), akan memiliki beberapa bidang kecerdasan, diantaranya :

  1. Cerdas berakhlak, hal ini berkaitan dengan sikap Dads yang disiplin.
  2. Si Kecil lebih cerdas menghadapi masalah, karena Dads cenderung memiliki pola asuh yang berorientasi pada kemandirian.
  3. Si Kecil lebih cerdas dalam berfikir dan perbuatan, hal ini sesuai dengan karakter Dads yang cenderung rasional (lebih mengutamakan logika ketimbang perasaan)
  4. Cerdas secara spiritual.

Dengan semua kecerdasan yang dimilikinya, Si Kecil akan menjelma jadi anak yang tidak hanya cerdas dalam berfikir, tapi juga cerdas dalam bersosial.

Hal ini pun diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Oxford University di Inggris, yang menyebut jika Si Kecil yang berhasil membangun kedekatan dengan Dads, akan cenderung meraih nilai akademis yang lebih baik.

Emosi Si Kecil Lebih Stabil

Dad cenderung mengajak Si Kecil untuk melakukan permainan yang lebih kompetitif. Tanpa disadari, Hal ini akan membantu perkembangan emosional Si Kecil yang lebih stabil dan siap untuk menghadapi persaingan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian dari Father Involvement Research Alliance.

Dalam keterangannya, tim peneliti menyebut hal ini disebabkan Si Kecil tahu rasanya menang atau kalah. Sikap inilah yang akan membuat Si Kecil akan mengetahui jika kesuksesan bisa didapat dengan perjuangan dan kerja keras.

Selain itu, Si Kecil yang senang bermain dengan Dads akan cenderung lebih percaya diri, lebih bersemangat dalam mengeksplorasi potensi diri dan terpacu untuk merealisasikan ide serta impiannya di masa depan. (oleh Dr. David Popenoe, sosiolog dan Co-Director di The National Marriage Project Rutgers)

Si Kecil Mudah Bersosialisasi

Permainan fisik merupakan salah satu permainan yang efektif untuk menujukkan kedekatan dan rasa kasih sayang. Saat Si Kecil melakukan permainan ini, kemampuan bersosialisasinya akan meningkat dan dia pun akan jadi pribadi yang mudah bergaul. (oleh Eric Tesdahl, Peneliti dari Vanderbilt University)

Selain itu, ada banyak manfaat lainnya yang didapat saat dia mudah bersosialisasi dengan lingkungan dan teman-temannya :

  1. Memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi
  2. Si Kecil mudah mendapatkan teman, dan jauh dari risiko bullying
  3. Si Kecil akan lebih mudah memahami diri sendiri dan mengembangkan harga diri
  4. Si Kecil lebih mudah menemukan apa yang bisa mereka lakukan, kemudian mengembangkannya untuk jadi sesuatu yang lebih baik.
  5. Meningkatkan daya kreativitas dan menurunkan risiko stres
  6. Melatih motorik dan mengasah daya analisa Si Kecil

Selain itu, bersosialisasi akan mendorong berkembang keterampilan Si Kecil, baik keterampilan fisik,  hingga intelektual. Mereka pun akan mudah berkompromi, bernegosiasi dan ampuh mengembangkan sikap kepemimpinannya.

Meningkatkan Kepercayaan Diri Si Kecil

Bermain bersama Dads efektif untuk mendorong Si Kecil lebih percaya diri. Hal ini disebabkan karena Dads dianggap sebagai pelindung, sehingga saat berhasil membangun kedekatan, Si Kecil akan merasa lebih berani karena ada sosok pelindung dibelakangnya.

Selain itu, saat bermain dengan Dads, Si Kecil akan cenderung lebih bebas mengekspresikan diri. Sikap inilah yang akan membangun karakter berani, bertanggung jawab dan lebih percaya diri. (oleh dr Meta Hanindita SpA, dokter anak dari RSUD Dr Soetomo Surabaya)

Mengenai manfaatnya, berikut merupakan manfaat yang bisa didapat saat Si Kecil jadi anak yang lebih percaya diri :

  1. Si Kecil akan lebih tegas dalam menentukan pilihan, menjadi orang yang mampu menghadirkan solusi, kreatif dan berjiwa pemimpin.
  2. Si Kecil akan selalu punya semangat positif, pantang menyerah, dan berani menghadapi risiko.
  3. Sikap percaya diri akan membuat masa depan Si Kecil lebih cerah. Pasalnya, mereka tidak hanya menunggu dan mencari peluang, tapi selalu mampu menciptakan peluang.
  4. Si Kecil akan lebih sehat secara fisik dan mental karena sikap berani, dan pikiran positif yang sudah di kembangkan sejak dini.
  5. Si Kecil akan lebih banyak tersenyum dan mampu menikmati kehidupan, memiliki rasa syukur dan cenderung lebih dekat dengan Tuhan.

Yang paling penting, kepercayaan diri ampuh menumbuhkan empati, lebih mudah bersosialisasi, dan efektif untuk membantu Si Kecil menjadi pribadi yang humanis.