Dongeng Sebelum Tidur Dari Dads. Kenapa Tidak?

Merries Insight
05 April 2019
Umum
Share
Dongeng Sebelum Tidur Dari Dads. Kenapa Tidak?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur
  2. Memudahkan Si Kecil Menerima Kebenaran
  3. Mampu Menumbuhkan Minat Membaca
  4. Manfaat Lainnya Dongeng Sebelum Tidur

Punya waktu sedikit di rumah sepulang kerja? Jangan disia-siakan Dads, cobalah untuk membacakan dongeng sebelum tidur bagi Si Kecil. Manfaatnya banyak lho, selain jadi meningkatkan kecerdasan Si Kecil, cara ini pun efektif untuk meningkatkan kepuasan Si Kecil pada keluarga.

Berikut merupakan manfaat tidak terduga saat Dads terbiasa membacakan dongeng sebelum tidur pada Si Kecil. Tidak lama kok, paling hanya sekitar 30 menit saja!

Meningkatkan Kualitas Tidur

Berada disamping Dads akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan aman, apalagi jika dilakukan sambil mendengarkan dongeng sebelum tidur, kondisi ini akan membuat Si Kecil merasa terlidungi, yang berakibat kepada meningkatkan kualitas tidur mereka.

Selain itu, penelitian yang dilakukan National Sleep Foundation, menyebut jika mendengarkan dongeng sebelum tidur akan membuat Si Kecil tidur sesuai dengan jadwal yang ditentukan (sekitar jam 8-9 malam).

Efeknya sangat banyak, tidur yang berkualitas akan membuat hormon pertumbuhan Si Kecil bekerja dengan maksimal, hingga tingkat pertumbuhannya (secara fisik) pun akan lebih baik. Selain itu, tidur yang cukup pun mampu merangsang perkembangan otak, yang berkaitan erat dengan daya ingat dan prestasi akademik.

Meskipun begitu, ada hal yang harus diperhatikan saat membacakan dongeng sebelum tidur, diantaranya intonasi dan ekspresi tidak boleh berlebihan. Selain itu, posisi Si kecil saat mendengarkan dongeng sebelum tidur pun harus benar-benar dalam posisi siap tidur.

Memudahkan Si Kecil Menerima Kebenaran

Salah satu ciri khas dari dongeng sebelum tidur adalah, munculnya sosok pahlawan dan penjahat, makna pengorbanan dan perjuangan untuk menegakkan kebenaran. Dalam dongeng pun selalu disebutkan jika kebenaran akan selalu menang melawan kejahatan.

Selain itu, dongeng berperan dalam memberikan gambaran tentang rasa takut dan mimpi dalam kehidupan nyata lewat fantasi. Di dalamnya, terkandung nilai-nilai terkait kebenaran dan kejahatan yang diwakilkan oleh karakter tokoh dongeng tersebut.

Cerita dalam dongeng pun selalu menunjukkan tentang konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil. Jahat akan kalah, baik dan sabar akan mendapatkan kemenangan. (oleh Sally Goddard Blythe MSc, pakar tumbuh kembang anak, sekaligus direktur Institute for Neuro Physiological Psychology, Chester, UK)

Dalam dongeng, Si Kecil akan mendapatkan nilai-nilai tentang kejujuran, kerendahan hati, pertemanan, dan lain-lain. Kondisi inilah yang akan membuat Si Kecil lebih mudah menerima pesan-pesan kebenaran dari dongeng, dan mereka akan terpacu untuk terus berada dalam jalur kebenaran.

Mampu Menumbuhkan Minat Membaca

Menurut data statistik dari UNESCO, Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara dengan minat baca terendah. Dengan kata lain, Indonesia masih berada dalam posisi darurat membaca.

Tentu saja ini tidak baik Dads, minimnya minat baca akan berpengaruh besar pada tingkat pendidikan, sosial dan ekonomi Si Kecil di masa depannya. Dalam skala yang lebih luas, rendahnya minat baca berpengaruh besar besar terhadap kualitas sebuah bangsa.

Untuk mengatasinya, Dads bisa membiasakan Si Kecil untuk mendengarkan dongeng sebelum tidur. Pasalnya, penelitian membuktikan jika mendongeng akan meningkatkan minta baca Si Kecil. (Yanti Sugarda, oleh Ketua Umum Yayasan Anak Indonesia Suka Baca)

Selain itu, mendongeng pun akan meningkatkan rasa ingin tahu Si Kecil, hingga akhirnya dia akan tumbuh jadi pribadi yang selalu kritis dan haus akan ilmu pengetahuan.

Manfaat Lainnya Dongeng Sebelum Tidur

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya dari membacakan dongeng sebelum tidur, salah satunya meningkatkan ikatan atau bonding antara Dads dan Si Kecil. (oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psikolog Anak dan Remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia)

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa didapat dari kebiasaan membacakan dongeng sebelum tidur, diantaranya :

  1. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas Si Kecil.
  2. Meningkatkan kosakata dan kemampuan berbahasa Si Kecil.
  3. Menjadikan Si Kecil pribadi yang riang dan penuh dengan kepercayaan diri.
  4. Meningkatkan kecerdasan, dan membentuk karakter positif.

Selain itu, terbiasa membacakan dongeng sebelum tidur pun akan membuat Si Kecil tumbuh jadi anak dengan jiwa kepemimpinan, dan sanggup menyelesaikan masalah dengan baik.

Untuk jenis dongengnya sendiri tidak dibatasi, Dads bisa memilih dongeng dengan tema umum, seperti Si Kancil Anak Nakal, Dongeng Putri Tidur, Dongeng Keluarga Kelinci, atau dongeng dengan tema keagamaan, seperti Kisah-kisah Nabi, dan lainnya

Jadi bagaimana Dads, sudah disiapkan deretan buku apa saja yang akan dibacakan malam ini?