Buncis Kriuk Telur Asin, Sajian Lezat Untuk Seluruh Keluarga

Merries Insight
05 Maret 2019
Resep
Share
Buncis Kriuk Telur Asin, Sajian Lezat Untuk Seluruh Keluarga

Artikel ini berisi tentang :

  1. Bahan Utama Buncis Kriuk
  2. Bumbu Saus Dilarutkan
  3. Bahan Saus Telur Asin
  4. Cara Membuat Buncis Kriuk

Buncis merupakan sayuran yang bisa disantap mentah sebagai lalap, bisa juga diolah jadi bahan makanan lezat. Sayang, banyak anak yang tidak suka dengan rasa buncis yang cenderung tawar dan sedikit manis. Jadi butuh trik khusus agar Si Kecil mau mengonsumsi camilan lezat dan bergizi ini.

Ada banyak jenis olahan buncis yang bisa Moms pilih, salah satunya menu buncis kriuk dengan saus telur asin. Cara membuatnya sangat mudah, dan dijamin rasa saus dan kriuknya akan membuat Si Kecil tergoda mengonsumsi sayuran penuh manfaat ini.

Berikut merupakan resep buncis kriuk telur asin, camilan sehat yang mengenyangkan, dan penuh dengan manfaat. Cocok untuk Si Kecil yang tidak suka sayuran.

Bahan Utama

  • 150 gram buncis
  • 100 ml air mineral
  • 1 bungkus tepung krispi serbaguna
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Saus Dilarutkan

  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt lada bubuk
  • 50 ml air

Bahan Saus Telur Asin

  • 3 buah telur asin, diambil kuningnya saja
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm butter
  • 2 sdm bubuk cabai kasar

Jika Si Kecil tidak suka rasa pedas, Moms bisa menghapus bahan bubuk cabai di atas. Jika menu ini dibuat untuk keluarga, tambahan bubuk cabai kasar bisa ditambahkan saat makanan disajikan.

Cara Membuat Buncis Kriuk

  1. Siapkan piring agak cekung, kemudian masukkan tepung krispi. Tambahkan air, kemudian aduk adonan hingga mengental. Sisihkan.
  2. Cuci bersih buncis, kemudian potong bagian ujungnya. Lakukan hingga semua buncis habis. Diamkan beberapa saat agar airnya tiris.
  3. Masukkan buncis ke dalam dalam adonan tepung bumbu dan air. Guling-guling agar seluruh bagian tepung bumbu tertutup sempurna.
  4. Goreng buncis dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan, kemudian angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  5. Dalam wadah terpisah, hancurkan kuning telur dengan menggunakan garpu, dan cincang bawang putih hingga halus. Sisihkan.
  6. Dalam wadah lainnya, larutkan bubuk cabai (jika akan dipakai), bersama dengan 50 ml air, garam, gula dan lada secukupnya. Aduk-aduk hingga larut, dan sisihkan.
  7. Siapkan wajan, panaskan butter dan minyak goreng. Masukkan bawang putih cincang, aduk-aduk hingga berwarna kecoklatan.
  8. Masukkan kuning telur yang sudah dihancurkan, kemudian aduk-aduk hingga rata.
  9. Masukkan bumbu yang dilarutkan tadi, aduk-aduk hingga mendidih dan saus mengental.
  10. Kecilkan api, kemudian masukkan masukkan buncis goreng, kemudian aduk hingga rata. Angkat dan sajikan dengan taburan parsley dan tomat sebagai pemanis.

Alternatif penyajian, setelah saus telur asin mengental dan matang sempurna, angkat dan masukkan ke dalam mangkuk saus. Saus ini nantinya bisa dijadikan sebagai cocolan buncis goreng.

Alternatif lainnya, Moms bisa melakukan langkah hingga membuat buncis krispi saja. Untuk sausnya, bisa menggunakan saus yang tersedia di rumah, misalnya suas tomat, mayonnaise, saus kecap, atau saus lainnya yang tersedia. Selamat mencoba Moms, semoga bermanfaat!