Bolehkah Si Kecil Minum Infused Water?

Merries Insight
15 Juli 2019
Umum
Share
Bolehkah Si Kecil Minum Infused Water?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Apa itu infused water. Apa bedanya dengan jus?
  2. Apa saja manfaat dari infused water?
  3. Bolehkan Si Kecil mengkonsumsi infused water?
  4. Bolehkah konsumsi infused water instant?

Infused water merupakan salah satu tren kesehatan yang banyak dipuji oleh para praktisi kesehatan. Minuman menyegarkan ini bisa dijadikan sebagai sumber alternatif minuman dengan rasa, tanpa harus khawatir dengan tambahan gula dan bahan pengawet.

Apa itu infused water. Apa bedanya dengan jus?

Infused water atau dikenal juga dengan nama detox water, merupakan air mineral biasa, tapi sudah ditambahkan dengan beberapa potongan buah segar. Alhasil, rasa minuman ini tidak lagi tawar, tapi ada sedikit sari buah yang membuatnya terasa lebih segar.

Untuk membuat infused water sendiri cukup mudah, dan Moms bisa mempersiapkannya bersama dengan overnight breakfast. Caranya, siapkan air mineral biasa, kemudian masukkan buah-buahan atau sayuran yang sudah dipotong, seperti stroberi, mentimun, lemon, tomat atau lainnya.

Setelah itu, diamkan selama semalaman, boleh disimpan dalam lemari es atau disimpan dalam suhu ruangan. Besoknya, infused water sudah siap dijadikan bekal untuk beraktivitas.

Hal ini berbeda dengan jus. Jus merupakan hasil olahan sari buah-buahan dan sayuran, yang diolah menggunakan juicer dengan tambahan sedikit air. Berbeda dengan infused water yang warnanya masih bening, jus justru berwarna sesuai dengan buah atau sayuran yang diolah.

Apa saja manfaat dari infused water?

Fungsi utama infused water sebenarnya sama seperti air mineral biasa, yakni mampu menjaga tubuh dari risiko dehidrasi, menyegarkan tubuh, dan lainnya. Tapi karena dalam infused water terdapat bahan tambahan (buah-buahan, dan sayuran), maka manfaat yang diberikan pun jadi bertambah.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari infused water.

  1. Memiliki manfaat yang hampir sama dengan jus, yakni sebagai sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh.
  2. Infused water dipercaya kaya akan antioksidan, terlebih jika dicampur dengan delima, stroberi dan lemon. Manfaatnya, untuk mencegah penuaan dini.
  3. Infused water disebut-sebut sebagai minuman diet karena sangat rendah kalori, sehingga sangat baik dikonsumsi selama diet.
  4. Infused water kaya akan vitamin, terutama vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan. Baik diminum untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun diklaim memiliki banyak manfaat, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan terkait manfaat infused water secara spesifik, dan apa saja dampaknya bagi tubuh. (oleh Prof. Jimmy Bell, pakar kesehatan dari Departement of Life Science di University of Westminster)

Menurut Jimmy, infused bisa jadi solusi praktis untuk Moms yang malas mengkonsumsi air mineral karena rasanya yang tawar. Untuk mendapatkan vitamin, dan nutrisi lainnya, Moms bisa memeras air lemon, dan mengkonsumsi buah-buahan yang jadi campuran infused water tersebut.

Bolehkan Si Kecil mengkonsumsi infused water?

Seperti disebutkan diatas, infused water merupakan salah satu strategi yang bisa dipilih untuk meningkatkan asupan cairan, terutama untuk mereka yang tidak suka dengan air tawar. Selain itu, infused water pun bisa meningkatkan minta Si Kecil terhadap buah-buahan.

Maka dari itu, infused water boleh saja dikonsumsi Si Kecil. Selain itu, infused water pun cukup aman, selama Moms mengolahnya dengan baik. (oleh Dr dr Damayanti R Sjarif SpA (K), dokter anak, sekaligus Konsultan nutrisi dan metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM)

Tapi jika Si Kecil sudah terbiasa mengkonsumsi air mineral, sebaiknya jangan atau minimalnya batasi. Dikhawatirkan, kebiasaan mengkonsumsi infused water malah akan membuat Si Kecil bingung rasa, sehingga dia akan cenderung lebih suka air yang memiliki rasa.

Imbasnya bisa panjang Moms, Si Kecil berisiko lebih berminat kepada jus kemasan, atau minuman lainnya yang memiliki perasa buatan.

Jadi kesimpulannya, Si Kecil boleh mengkonsumsi infused water, tapi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Infused water diciptakan sebagai strategi untuk menarik minat Si Kecil yang tidak suka dengan air mineral. Jika Si Kecil terbiasa konsumsi air mineral, sebaiknya buah-buahannya diberikan secara utuh saja.

Bolehkah konsumsi infused water instant?

Infused water instan yang belakangan ini dijual secara online, pada dasarnya sama seperti infused water yang biasa Moms buat. Bedanya, mereka menggunakan kemasan khusus sehingga bentuknya lebih menarik, dan beberapa kemasannya pun bisa dipergunakan kembali.

Tapi hati-hati saat akan membeli infused water instan. Pasalnya, sama seperti minuman kemasan, beberapa penjual infused water terkadang menambahkan perasa makanan bening. Selain itu, karena diproduksi secara masal, status kebersihan infused water tersebut pun dipertanyakan.

Makanya, jika Moms ingin membeli infused water instan, sebaiknya pilih pedagang yang benar-benar sudah terbukti jujur dalam mengolah infused water tersebut. Tapi karena membuat infused water itu sangat mudah, sebaiknya dibuat saja sendiri.

Tapi ingat Moms, pastikan untuk tidak menggunakan botol air mineral yang sudah digunakan. Sebaiknya masukkan infused water ke dalam botol air minum khusus.