Bingung Bikin Bekal Buat Si Kecil? Bikin Dory Popcorn Aja Moms!

Merries Insight
23 Januari 2018
Resep
Share
Bingung Bikin Bekal Buat Si Kecil? Bikin Dory Popcorn Aja Moms!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Bekal Simpel dan Sehat untuk Si Kecil
  2. Resep Ikan Dory Popcorn
  3. Kandungan Gizi Ikan Dory
  4. Manfaat Ikan Dory

Moms, membuatkan bekal untuk Si Kecil merupakan cara yang bagus untuk senantiasa menjaga kesehatannya. Daripada anak-anak jajan sembarangan di sekolah, lebih baik mengkonsumsi makanan buatan sendiri. Selain sehat dan gizinya lengkap, bekal dari rumah juga lebih higienis karena dimasak dengan bahan-bahan segar serta berkualitas.

Jangan biarkan Si Kecil membeli jajanan tidak jelas di sekitar sekolah ya Moms. Makanan di luar bisa memberikan dampak buruk dan memicu gangguan kesehatan, seperti sakit diare, batuk, pilek, bahkan keracunan.

Bekal Simpel dan Sehat untuk Si Kecil

Memberikan bekal untuk Si Kecil memang susah-susah gampang ya Moms. Kadang-kadang mereka tidak suka dengan menu yang dibawakan. Entah karena kurang lezat, banyak sayuran, bukan makanan favorit, atau karena tergiur jajanan di luar sekolah. Tak heran kalau banyak orang tua yang mengeluh dan merasa kesulitan saat membuatkan menu bekal anak-anaknya.

Ada banyak sekali resep bekal anak yang bisa Moms praktekkan sendiri di rumah. Tidak hanya mudah, tetapi juga rasanya lezat. Salah satu resep bekal sekolah Si Kecil yaitu dory popcorn! Rasanya sangat gurih, krispi dan tampilannya pun menarik. Dengan begitu anak-anak akan senang dan memilih makan bekal yang Moms bawakan.

Resep Ikan Dory Popcorn

Resep membuat bekal untuk Si Kecil dengan menu dory popcorn tidaklah sulit kok Moms. Bahannya mudah didapatkan dan cara membuatnya juga simpel serta cepat. Lihat dulu step-stepnya di bawah ini!

  1. Siapkan ikan dory yang sudah di fillet, sekitar 200 gram. Kemudian potong kotak-kotak berukuran agak kecil.
  2. Lumuri potongan ikan dory dengan air perasan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Biasanya anak-anak tidak suka dengan bau amis yang terlalu menyengat. Tambahkan juga sedikit garam, lada bubuk, dan sedikit penyedap rasa.
  3. Buat adonan tepung yang terdiri dari tepung terigu, tepung beras, garam, lada, bawang putih tumbuk dan lada. Moms juga bisa menambahkan irisan kecil daun bawang atau seledri agar ada warna hijau segar dalam adonannya.
  4. Ambil tiap potongan ikan dory yang sudah direndam bumbu, masukkan ke dalam adonan tepung. Kemudian goreng dalam minyak panas sampai warnanya kecoklatan. Ulangi sampai potongan ikan habis.
  5. Apabila sudah matang, angkat dory popcorn dan diamkan sebentar sampai minyaknya kering. Moms bisa menyajikannya dengan saus tomat, cabai, atau mayonais sesuai kesukaan Si Kecil.

Kandungan Gizi Ikan Dory

Menu ikan dory popcorn sebagai bekal untuk Si Kecil ternyata mengandung banyak sekali gizi yang bermanfaat lho. Ikan dory merupakan jenis ikan laut berdaging empuk serta lembut. Mengandung aneka jenis gizi, antara lain Omega 3, zat besi, selenium, DHA, magnesium, dan masih banyak lagi. Kemudian ada pula protein yang dapat membantu proses pertumbuhan Si Kecil.

Manfaat Ikan Dory

Untuk manfaatnya sendiri juga tak kalah banyak, yaitu sebagai berikut:

  1. Daging ikan dory mengandung DHA dan EPA yang dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi.
  2. Kandungan Omega 3 nya mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak Si Kecil. Selain itu juga membangun sel-sel otaknya sehingga anak lebih mudah mengingat, menangkap informasi dan belajar suatu hal baru.
  3. Omega 3 pada ikan dory ternyata bagus untuk kesehatan kulit. Salah satunya mencegah penuaan dini, kulit keriput, flek hitam, dan sebagainya.
  4. Kesehatan mata Si Kecil juga terjaga karena ikan dory mengandung banyak jenis vitamin, seperti Vitamin A.
  5. Meskipun tergolong makanan laut tetapi ikan yang satu ini rendah lemak dan tidak menyebabkan kolesterol. Bahkan kesehatan jantung dapat terjaga karena adanya kandungan vitamin dan mineral.
  6. Ikan dory mengandung zat protein yang bagus untuk pembentukkan sel-sel otot Si Kecil. Selain itu membantu membentuk jaringan tubuh yang baru.

Dory popcorn memang merupakan salah satu jenis bekal untuk Si Kecil yang kaya manfaat. Bukan hanya disukai karena rasanya lezat bercampur gurih saja. Akan tetapi juga mengandung aneka jenis vitamin, mineral, protein serta zat penting lain yang mampu menjaga kesehatan tubuh Si Kecil. Selain digoreng seperti popcorn, daging ikan dory bisa diolah menjadi resep lain.

Misalnya saja dimasak asam manis, saus lada hitam, steak, sushi goreng, dan masih banyak lagi. Makin pintar Moms berkreasi dengan menu bekal maka Si Kecil juga senang. Mereka lebih memilih makan makanan dari rumah dibanding harus jajan di luar sekolah.