Bikin Salmon Saus Alpukat? Gampang Kok, Begini Caranya!

Merries Insight
23 Januari 2018
Resep
Share
Bikin Salmon Saus Alpukat? Gampang Kok, Begini Caranya!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Segudang manfaat dari alpukat untuk kesehatan tubuh
  2. Salmon saus alpukat, hidangan bergizi dengan cita rasa tinggi
  3. Langkah-langkah membuat salmon saus alpukat
  4. Cara lain mengolah ikan salmon

Salmon dan alpukat pasti sudah sangat familier di telinga Moms. Kendati berbeda, salmon dan alpukat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, apa Moms pernah membayangkan mengolah dua makanan tersebut? Seperti apa hasil dan rasa dari perpaduan salmon dengan alpukat?

Segudang manfaat dari alpukat untuk kesehatan tubuh

Sejumlah ahli di Universitas Loma Linda mengatakan bahwa mengonsumsi alpukat segar sebagai santap siang memberikan respons terhadap insulin, kadar gula darah, serta perasaan kenyang yang lebih lama. Kemudian, The Hass Avocado Board (HAB) mendukung uji klinis untuk mengetahui apakah ada korelasi di antara kenaikan konsumsi alpukat dengan dampak terhadap pengendalian berat badan, diabetes, dan risiko penyakit jantung.

Alpukat juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Membantu perkembangan janin. Moms yang sedang hamil dianjurkan makan alpukat secara rutin. Pasalnya, buah ini mengandung folat yang akan membantu tumbuh kembang si Kecil yang ada di dalam janin. Alpukat juga enak dimakan karena tidak berbau dan bertekstur lembut;
  • Mencegah diabetes tipe 2. Banyak yang menganggap alpukat bikin gemuk karena sarat lemak. Akan tetapi, lemak yang terdapat dalam buah ini justru bersifat baik. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sanggup membalikkan resistensi insulin;
  • Menyehatkan dan mempercantik kulit. Moms yang ingin menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara alami pun direkomendasikan makan alpukat. Hal ini dikarenakan alpukat mempunyai kandungan vitamin E yang notabene bersifat antipenuaan;
  • Menjaga kesehatan otak. Alpukat juga menjadi sumber omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer di tahap awal sekalipun. Sehingga, rutin menyantap alpukat akan melindungi otak Moms dari berbagai penyakit.

Jika diperhatikan kembali, alpukat dan salmon memiliki satu persamaan: sama-sama berfungsi sebagai sumber omega-3 alami. Mengombinasikan keduanya dalam santapan nikmat dan sehat seperti salmon saus alpukat tentu akan menunjang kualitas hidup Moms dan keluarga.

Salmon saus alpukat, hidangan bergizi dengan cita rasa tinggi

Moms tertarik untuk mengolah salmon saus alpukat? Berikut ini ada daftar bahan yang dapat disiapkan.

Bahan-bahan salmon saus alpukat:

  • Empat siung bawang putih (cincang);
  • Satu sendok teh garam;
  • Satu sendok teh merica bubuk;
  • Empat potong atau 500 gram fillet

Bahan-bahan untuk saus:

  • Dua buah alpukat (ambil dagingnya saja);
  • 100 gram bawang bombai merah (cincang);
  • Setengah sampai satu sendok makan air jeruk nipis;
  • Satu sendok makan minyak zaitun;
  • Satu sendok makan daun ketumbar cincang;
  • Satu sendok teh garam.

Langkah-langkah membuat salmon saus alpukat

  1. Pertama, campurkan merica, garam, dan bawang putih dalam satu wadah, lalu aduk sampai rata;
  2. Kemudian, lumuri fillet salmon menggunakan bumbu sampai merata. Sisihkan dan masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit;
  3. Untuk membuat saus alpukat, Moms lumatkan buahnya sampai halus, lalu pindahkan ke wadah. Selanjutnya, tambahkan bahan saus dan aduk rata;
  4. Keluarkan potongan salmon dari lemari es. Panaskan wajan grill, lalu masukkan salmon satu per satu. Bakar sampai salah satu sisinya matang. Balik, bakar sampai matang. Angkat;
  5. Sajikan salmon pada piring, lalu jadikan saus alpukat sebagai topping (bisa juga dipisah).

Cara lain mengolah ikan salmon

Seperti daging ikan kebanyakan, salmon juga harus dilumuri air jeruk nipis dan didiamkan selama 10-15 menit untuk mengurangi bau amis sekaligus memperkaya cita rasa. Setelah itu, Moms bisa mengolahnya dengan cara-cara berikut ini:

  • Rebus (poach). Untuk merebus salmon, Moms harus menggunakan sedikit air, tetapi pastikan juga ikan tersebut terendam agar teksturnya tidak terlalu lunak. Suhu ideal buat merebus salmon adalah sekitar 45oC;
  • Panggang (grill). Sebelum dipanggang/dibakar di atas grill, sebaiknya salmon dilumuri dengan mentega atau minyak zaitun. Hal tersebut bertujuan untuk membuat salmon tidak lengket serta menghindarinya dari paparan senyawa karsinogen;

Kukus (tim). Suka membuat ikan pepes? Moms dapat mengubah salmon jadi hidangan tersebut selama tahu tekniknya. Untuk mengukus salmon, pastikan kadar airnya tak terlalu banyak supaya uapnya tidak menghancurkan tekstur daging.