Yang Terjadi pada Usia Kehamilan di Trimester Akhir

Merries Insight
28 April 2014
Kesehatan
Share
Yang Terjadi pada Usia Kehamilan di Trimester Akhir

Semua wanita pastinya sangat memimpikan untuk bisa hamil dan akhirnya mendapatkan seorang bayi yang mungil dan lucu. Selama masa kehamilan ini, kebanyakan wanita dituntut untuk bisa menjaga kehamilannya dengan baik, terutama untuk masalah kesehatan.

Perkembangan Janin pada Minggu ke-34

Mungkin Moms akan bertanya-tanya apa yang akan terjadi di usia kehamilan 34 minggu nanti? Di antara minggu ke 34 sampai dengan minggu ke 37 akan terjadi banyak hal dalam rahim Moms. Janin dalam perut Moms sedang menyempurnakan sistem dalam tubuhnya dan juga akan terjadi penambahan berat badan yang sangat signifikan di usia kehamilan ini.

Pada usia kehamilan ini janin dalam perut Moms pada umumnya memiliki berat sekitar 2 kilogram dan pastinya panjangnya pun sudah bertambah. Pada kondisi normal, panjang bayi di usia ini adalah 32 cm atau kira-kira sama panjangnya dengan sebungkal roti tawar yang biasa Moms beli. Di usia kehamilan ini Moms juga bisa melihat adanya lapisan putih berlilin yang nantinya akan melindungi janin Moms.

Dalam dunia medis, lapisan putih tersebut disebut sebagai verniks dan lapisan ini nantinya akan semakin menebal di usia kehamilan Moms di minggu ke 34. Selain itu, biasanya akan ada rambut-rambut halus yang biasanya akan menyekat kulit janin mulai hilang secara perlahan. Pastinya sekarang Moms akan merasa sangat senang karena pertumbuhan kuku pada janin Moms juga sudah mencapai ujung jarinya dan ini menandakan bahwa bayi Moms sudah hampir sempurna dan sudah siap untuk dilahirkan.

Perubahan pada Ibu

Selain perubahan yang terjadi pada janin, ternyata banyak juga perubahan yang akan terjadi pada Moms sendiri di usia kehamilan 34 minggu ini. Sudah dipastikan hampir semua ibu hamil akan merasa adanya peningkatan frekuensi buang air kecil dan juga akan merasa sangat tidak nyaman di bagian ulu hati.

Moms juga biasanya akan merasakan tekanan di bagian panggul Moms dan juga bagian pinggang. Dalam hal ini Moms jangan khawatir karena ini merupakan perubahan yang normal. Selain itu juga jangan kaget karena banyak calon ibu yang akan merasakan adanya bengkak di bagian tungkai dan juga mata kaki, hal tersebut karena meningkatnya tekanan darah dan beratnya beban yang diterima panggul Moms.

Moms harus lebih sering berkonsultasi ke dokter atau bidan, jika selama ini dilakukan sebulan sekali, maka pada usia kehamilan ini sebaiknya Moms melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan setidaknya 1 sampai 2 Minggu sekali.