Tips Melatih Anak Hidup Bersih

Merries Insight
20 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Tips Melatih Anak Hidup Bersih

Mengajarkan kebersihan pada anak dimulai sejak dini. Ketika usia anak menginjak dua tahun, Moms harus mengajari kebersihan. Meliputi merapikan tempat tidur, merapikan mainan, membantu menyapu, dan yang lain. Moms mulai dari cara paling sederhana dan anak akan cepat merespon. Awal Moms mengajari anak akan ada kendala. Moms harus latih setiap hari sampai anak terbiasa. Beberapa tips di bawah ini dapat menjadi acuan Moms untuk melatih anak mau membantu membersihkan rumah.

  1. Memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak. Anak akan mengerti apa yang harus dia lakukan.
  2. Mulai setelah bangun tidur ajak anak Moms segera merapikan tempat tidur. Moms harus selalu mendampingi si anak. Jika kurang rapi maka Moms yang akan menyempurnakan yang telah dilakukan oleh anak.
  3. Ketika anak sudah mulai terbiasa maka lanjutkan mengajari ke bagian yang lain. Ajarkan anak Moms untuk ikut membersihkan rumah. Biarkan anak membersihkan bagian kamar saja. Ketika usia sudah menginjak lebih tinggi maka anak akan mulai mengerti perannya untuk membantu orangtua di rumah.
  4. Selesai makan atau minum, ajak anak untuk mencuci peralatan yang usai dipakai.
  5. Kelima adalah biarkan anak untuk membersihkan sebisanya. Moms tidak boleh memarahi anak. Jika anak sudah kena marah maka akan enggan untuk melanjutkan tugasnya.

Aktivitas anak ketika ikut membantu Moms di rumah akan menyebabkan rasa lelah. Kemungkinan besar waktu yang Moms butuhkan untuk membersihkan rumah bersama anak akan jauh lebih lama ketimbang membersihkannya sendiri. Moms harus maklum dan telaten melakukannya untuk membangun kebiasaan pada anak.