Tali Pusat Tak Kunjung Lepas

Merries Insight
21 Desember 2014
Kesehatan
Share
Tali Pusat Tak Kunjung Lepas

Pernahkah Moms menjumpai kasus yang dialami oleh Ibu Norma dari Jakarta ini? Mungkin ada ibu-ibu lainnya yang pernah bernasib sama dengan Ibu Norma. Ibu Norma mengeluhkan tali pusat bayinya yang tak kunjung lepas. Sudah tiga minggu pasca dilahirkan, tali pusat bayi Ibu Norma belum juga puput. Ibu Norma kemudian berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Saat berkonsultasi, Ibu Norma menjelaskan bahwa tali pusat bayinya berwarna hitam kehijauan dan tidak kunjung kering. Ia sangat penasaran, apakah selama itu tali pusat bayinya tak lepas-lepas. Dari kasus ini, mungkin ada baiknya Moms menyimak beberapa tips merawat tali pusat bayi yang baru lahir agar tidak terjadi kasus seperti yang dialami oleh Ibu Norma. Berikut tips-tipsnya:

  • Setelah selesai memandikan bayi, segera keringkan tali pusatnya. Anda bisa gunakan tisu kering bersih untuk membersihkan dan mengeringkan air yang masih menempel pada tali pusat. Tisu kering juga memiliki daya serap air yang tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai pengering tali pusat.
  • Usai tali pusat dikeringkan dengan tisu kering, bungkus kembali tali pusat bayi dengan kain kasa baru, kering, dan steril. Lakukan dengan hati-hati dan pelan dan jangan sampai pusar ikut tertarik. Anda juga boleh gunakan gurita sebagai penahan. Akan tetapi jangan terlalu kencang ya memasang guritanya.
  • Tak usah teteskan alkohol atau obat tetes luka/ antiseptic pada kain kasa pembungkus tali pusat karena zat yodiumnya dapat masuk ke dalam aliran darah si bayi. Zat yodium yang masuk ke dalam aliran darah bayi dapat mengganggu pertumbuhan kelenjar gondok pada bayi.
  • Anda juga tidak perlu menaburi/ mengolesi obat/ ramuan/ apapun pada tali pusat karena dapat menjadi sarang bakteri dan kuman. Dengan tidak melakukannya, tali pusat bayi akan aman dari risiko terkena infeksi.
  • Jika ternyata pada minggu keempat tali pusat bayi belum lepas juga, segera bawa ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat dan benar.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi anda semua Moms.