Si Kecil Sering Digendong. Benarkah Akan Membuatnya Manja?

Merries Insight
27 September 2018
Umum
Share
Si Kecil Sering Digendong. Benarkah Akan Membuatnya Manja?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Apakah Benar Bisa Membuat Si Kecil jadi Manja?
  2. Justru Bisa Membuatnya Lebih Mandiri
  3. Memaksimalkan Perkembangan Bayi Prematur
  4. Meningkatkan Kecerdasan Si Kecil

Banyak mitos yang beredar tentang bayi baru lahir, termasuk mitos yang menyebut sering digendong, Si kecil akan jadi manja, atau yang dikenal dengan istilah bau tangan. Tidak hanya itu, banyak yang percaya jika sering digendong, pertumbuhannya akan terlambat, dan sejumlah mitos lainnya.

Apakah Benar Bisa Membuat Si Kecil jadi Manja?

Jelas ini tidak benar Mom. Manja atau tidak di tentukan oleh pola asuh, bukan karena digendong. Justru sebaliknya, menggendong Si Kecil justru memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi Si Kecil. (oleh Psikolog Anak dan Remaja, Saskhya Aulia Prima, M.Psi.,)

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapat jika Mom sering menggendong Si Kecil.

  1. Efektif menumbuhkan rasa percaya pada lingkungan dan orang disekitarnya, terutama Mom atau siapa saja yang sering menggendongnya.
  2. Si Kecil akan merasa aman dengan lingkungannya, sehingga dia pun lebih berani bereksplorasi.
  3. Sentuhan yang Mom berikan merupakan bagian bonding yang baik untuk memaksimalkan perkembangan Si Kecil secara menyeluruh.

Dengan kata lain, Aulia menegaskan jika anggapan tentang menggendong Si Kecil bisa membuatnya manja, hanya berupa mitos belaka.

Justru Bisa Membuatnya Lebih Mandiri

Lebih lanjut lagi, Aulia menjelaskan jika menggendong Si Kecil justru akan membuatnya lebih berani dan menjadi anak yang lebih mandiri. Selain itu, Si Kecil pun akan merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi lingkungannya.

Menggendong merupakan bagian penting dari pengasuhan anak. Dengan menggendong, Si Kecil akan tahu mana orangtuanya dan mana orang asing. Hal inilah yang membuat Si Kecil akan mengembangkan respons pertahanan dengan cara menangis saat digendong orang asing. (oleh pakar perkembangan anak, dr.William Sears, M.D)

Selain itu, saat menangis dan Mom langsung menggendongnya, level stres Si Kecil akan langsung menurun hingga dia pun akan merasa lebih tenang. Memangku pun akan membantu Mom mentransfer hormon cinta yang bisa membuatnya lebih percaya diri dan lebih mandiri.

Memaksimalkan Perkembangan Bayi Prematur

Menurut penelitian yang dilakukan Nationwide Children's Hospital di Ohio, Amerika, bayi yang lahir prematur cenderung lebih lambat merespon sentuhan. Tapi saat sering dipangku dan rutin mendapat sentuhan, responnya akan cenderung meningkat.

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengobservasi 125 bayi yang lahir prematur di Ohio, kemudian membandingkannya dengan bayi yang lahir cukup bulan.

Menariknya, penelitian ini menemukan fakta yang menyebut jika sentuhan (dipangku), efektif membantu perkembangan otak bayi yang lahir prematur. (oleh Dr.Nathalie Maitre, Pimpinan Penelitian dari Nationwide Children's Hospital).

Efeknya, menggendong akan membuat perkembangan bayi yang lahir prematur akan lebih maksimal, baik perkembangan motorik halus hingga motorik kasarnya.

Meningkatkan Kecerdasan Si Kecil

Si Kecil butuh sentuhan untuk membantunya beradaptasi dengan lingkungan. Selain itu, dipangku pun akan membuat Si Kecil merasa aman dan lebih tenang. (oleh dr Attila Dewanti, SpA (K), dokter spesialis anak dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta)

Lebih lanjut lagi, Attila menjelaskan saat berada di dalam kandungan, Si Kecil terbiasa mendengarkan detak jantung Mom yang membuatnya merasa lebih tenang. Kondisi serupa akan dirasakan Si Kecil saat dipangku, dimana detak jantung Mom akan terdengar saat kepalanya didekatkan pada dada.

Yang paling istimewa, menggendong ternyata bisa meningkatkan bonding. Sambil menggendong, Mom biasanya akan mengajak Si Kecil bicara atau bernyanyi. Nah aktivitas inilah yang efektif membantu merangsang sel otak Si Kecil yang berkaitan dengan memori dan kecerdasan.

Mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapat dari menggendong (memangku) Si Kecil, sangat disarankan untuk lebih banyak menggendong sambil mengajaknya bicara atau bernyanyi.