Si Kecil Sering Buang Angin, Wajarkah?

Merries Insight
06 Desember 2017
Kesehatan
Share
Si Kecil Sering Buang Angin, Wajarkah?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Penyebab Si Kecil Sering Buang Angin
  2. Apakah Sering Buang Angin Merupakan Kondisi yang Wajar?
  3. Trik Agar Buang Angin Si Kecil Berkurang
  4. Perlukah Periksakan Si Kecil ke Dokter?

Sama seperti orang dewasa, bayi pun bisa buang angin. Tapi bagaimana kalau Si Kecil buang anginnya sering atau bahkan terus menerus. Apakah ini wajar?

Penyebab Si Kecil Sering Buang Angin

Sering buang angin bisa disebabkan karena banyak hal. Selain kembung atau masuk angin, sering buang angin pun bisa disebabkan karena banyak hal, seperti  produksi gas di dalam usus besar berlebihan atau bisa juga karena Si Kecil menelan udara terlalu banyak ketika mengisap ASI.

Penyebab lainnya, buang angin bisa disebabkan karena beberapa macam gas yang diproduksi oleh kuman komensal. Tidak perlu khawatir, kuman ini tidak berbahaya dan biasa terdapat dalam usus besar untuk melakukan proses fermentasi karbohidrat yang tidak diserap usus halus.

Dengan kata lain, Si Kecil yang sering buang angin bukan berarti dia masuk angin atau kembung. ( dr Meta Hanindita, SpA, dari RSUD Dr Soetomo Surabaya).

Apakah Sering Buang Angin Merupakan Kondisi yang Wajar?

Tentu saja kondisi ini wajar tidak perlu ditanggapi secara berlebihan. Bahkan terkadang Si Kecil bisa mengeluarkan gas (buang angin) hingga 3-4 kali dalam 20 menit, atau bahkan lebih.

Walaupun begitu, Moms sebaiknya jangan membiarkan terus kondisi ini, apalagi jika sampai Si Kecil menjadi rewel dan kehilangan nafsu makan. Bisa jadi ini disebabkan karena perutnya yang kembung, yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Solusi untuk mengatasi masalah ini sebenarnya mudah, cukup membalur Si Kecil dengan menggunakan minyak telon agar tubuhnya hangat. Berikan pijatan lembut diarea perut, dada dan punggung agar gejala perut kembungnya berhenti.

Trik Agar Buang Angin Si Kecil Berkurang

Sebenarnya buang angin merupakan hal yang wajar, tapi jika terlalu sering tentu bisa membuat Moms tidak nyaman. Nah untuk mencegah atau mengurangi buang angin Si Kecil, Moms bisa melakukan beberapa trik berikut ini.

  1. Bantu Si Kecil untuk bersendawa sesaat setelah menyusu. Caranya dengan memposisikan Si Kecil seperti berdiri dengan kepala berada di bahu Moms. Setelah itu, tepuk-tepuk lembut punggungnya secara perlahan hingga sendawa.
  2. Berikan pijatan lembut di area perut, punggung dan dada Si Kecil, setelah mandi atau ketika akan ganti pakaian. Jangan lupa, tambahkan minyak telon agar suhu tubuhnya tetap hangat.
  3. Jika Si Kecil menyusu dengan menggunakan dot, sebaiknya perhatikan ukuran dot atau empeng. Pastikan ukurannya pas dan mirip dengan ukuran puting payudara Moms.
  4. Jaga pola makan Moms, seperti mengurangi makanan yang tinggi gas dan lainnya. Beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi adalah, cabe, minuman bersoda dan lainnya.
  5. Jika Si Kecil sudah mulai mengonsumsi MP-ASI, pastikan makananya sudah sangat lembut dan suapi dia sedikit demi sedikit.

Bagaimana Moms, ternyata sangat mudah bukan? So, mulai sekarang tidak perlu panik. Selama tidak membuat Si Kecil rewel, buang angin wajar kok!

Perlukah Periksakan Si Kecil ke Dokter?

Jika kondisi Si Kecil yang terlalu sering buang angina  terus terjadi, apalagi jika menyebabkan Si Kecil menjadi rewel, ada baiknya Moms segera hubungi dokter untuk solusi lebih lanjut. Dari dokter Moms akan mengetahui lebih jelas tentang apa sebenarnya penyebab Si Kecil terlalu sering buang angina.

Setelah mengetahui penyebabnya, Moms juga akan diberi solusi bagaimana mengatasi Si Kecil yang terlalu sering buang angin. Semoga kondisi Si Kecil bisa segera diatasi ya, Moms!