Pertolongan Pertama Jika Bayi Moms Jatuh

Merries Insight
28 April 2014
Umum
Share
Pertolongan Pertama Jika Bayi Moms Jatuh

Moms, perkembangan bayi hingga usia batita ini yang semakin hari semakin pesat tentunya akan membuat kebanyakan orang tua akan merasa gembira walaupun akan terasa lebih merepotkan dan tentunya lebih melelahkan.

Pada masa ini pengawasan terhadap anak-anak harus lebih intens jika dibandingkan ketika mereka baru lahir dengan kebiasaan tidur mereka yang biasanya cukup lama dan lelap. Di sisi lain, Moms juga harus terus menyelesaikan pekerjaan rumah yang masih menumpuk seperti memasak untuk sarapan, menyapu rumah, mengepel lantai dan beberapa kegiatan rumahan lainnya yang pastinya akan menyita perhatian Moms sendiri.

Dengan kesibukan Moms, pengawasan terhadap batita juga menjadi agak sedikit kurang dan ketika Moms sedikit lengah bisa saja bayi Moms tersebut jatuh dari ranjangnya. Jika hal ini terjadi Moms tidak perlu panik, sebaiknya Moms segera memberikan pertolongan pertama dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Angkat dengan segera kemudian gendong dia dan berusahalah untuk menenangkannya. Pada kebanyakan kasus bayi jatuh tersebut akan menangis dan dengan mendekap dan menimangnya maka Moms akan mampu untuk menenangkannya.
  2. Sambil menenangkan bayi Moms, cobalah periksa kepala dan badannya. Jika ada benjol maka Moms bisa segera mengkompresnya dengan es batu. Selain itu Moms juga bisa mengoleskan minyak tawon ataupun oleskan gel untuk memar pada benjolan tersebut.
  3. Jika akibat jatuh tersebut ditemukan luka berdarah, segera menekan luka tersebut dengan kapas bersih selama 10 menit saja, jika pendarahan tersebut tidak berhenti, segera bawa bayi Moms tersebut ke klinik dokter terdekat.
  4. Yang harus benar-benar diwaspadai adalah jika bayi jatuh sampai pingsan ataupun tidur dan akhirnya susah dibangunkan ketika jatuh, langsung muntah. Jika kondisi tersebut terjadi maka segera bawa dia ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang cepat dan juga tepat dari tenaga medis.

Sebagai upaya pencegahan terjadinya bayi jatuh, maka Moms bisa memasang bumper di sekitar ranjangnya atau sebaiknya gunakan ranjang yang tidak terlalu tinggi selama anak Moms tersebut masih dalam usia batita.