Manfaat Sentuhan Moms Untuk Bayi

Merries Insight
30 Juni 2015
Kesehatan
Share
Manfaat Sentuhan Moms Untuk Bayi

Moms & Dads, tahukah Moms kalau sentuhan atau belaian yang Moms berikan kepada si kecil, memiliki manfaat yang sangat besar bagi si kecil? Ya, tidak hanya mampu memberikan rasa aman, nyaman dan rasa bahagia saja, sentuhan atau belaian yang Moms berikan kepada si kecil juga sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

Sentuhan Moms Mampu Menstimulasi Perkembangan Si Kecil

Bagi Moms, memberikan sentuhan atau belaian kepada si kecil merupakan bukti dari kasih sayang yang Moms miliki kepadanya, tapi bagi si kecil, sentuhan Moms ini akan mampu menstimulasi pertumbuhan si kecil. Dengan sentuhan, maka hormon pertumbuhan serta beberapa enzim yang berperan penting bagi pertumbuhan anak, akan lebih mudah terbentuk secara maksimal.

Salah satunya bukti sentuhan bisa menstimulasi pertumbuhan bayi adalah, dalam kasus bayi prematur, dokter sangat menyarankan orang tua untuk lebih dekat dan memberi sentuhan kepada anaknya. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika serikat, seperti dilansir dalam Daily Mail.

Dalam penelitian tersebut, didapatkan sebuah fakta yang menyatakan, 47 persen bayi yang lahir prematur, mengalami kenaikan berat badan yang sangat signifikan, ketimbang bayi yang lahir prematur dan jarang mendapatkan sentuhan dari orang tuanya.

Manfaat Lain Sentuhan Bagi Si Kecil

Tidak hanya itu, sentuhan yang Moms berikan pun mampu menstimulasi perkembangan otak bayi, merangsang perkembangan indera perabanya, dan bahkan mampu membuat si kecil lebih percaya diri. Hal tersebut karena lewat sentuhan yang Moms berikan, maka si kecil akan merasa lebih aman dan lebih nyaman. Hal inilah yang kemudian membuat si kecil lebih percaya diri.

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, maka tumbuh kembangnya pun akan lebih optimal dan mampu memberikan respons positif terhadap segala hal yang baru mereka temui di lingkungannya. Selain itu, dalam penelitian lainnya, para peneliti menyatakan jika anak yang rutin mendapatkan sentuhan dari Ayah dan Ibunya, akan tumbuh lebih cerdas ketimbang anak yang hanya mengenal sentuhan Ibunya.

Dengan semua manfaat yang dimilikinya, mari kita biasakan memberikan belaian lembut kepada si kecil. Bukan hanya Moms saja, tapi Dad juga ya. OK!