Yuk, Pijat Bayi Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Merries Insight
29 April 2014
Kesehatan
Share
Yuk, Pijat Bayi Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Metode pijat bayi merupakan sebuah teknik relaksasi yang telah dilakukan di Indonesia secara turun temurun. Para ahli kesehatan bayi juga mengakui banyak manfaat yang bisa bayi dapatkan dari teknik pijat bayi tersebut, terutama bagi kesehatan dan juga sebagai pendukung tumbuh kembang sang bayi.

Menurut sebuah penelitian, pijat bayi tidak hanya memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh kembang fisik dan juga kesehatan bayi saja, tapi juga akan mampu memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan otak bayi, mental dan juga panca indera sang bayi tersebut.

Selain manfaat di atas, ternyata pijatan bayi juga masih memiliki beberapa manfaat yang sangat besar, di antaranya adalah untuk memaksimalkan pertumbuhan beberapa indera si bayi.

Indera Peraba

Dengan adanya sentuhan yang didapat oleh bayi Moms tersebut maka akan pijatan lembut tersebut dapat merangsang syaraf dan juga otot bayi untuk disampaikan kepada otak bayi Moms. Dengan adanya ini maka secara tidak langsung akan merangsang tumbuh kembang fisik dan juga otak bayi yang lebih baik. Sentuhan lembut Moms ini akan lebih memperkuat ikatan batin Moms dan bayi.

Indera Penciuman

Ketika bayi Moms mendapatkan pijatan lembut di sekujur tubuhnya, otomatis indera penciuman bayi juga akan menstimulus segala bau-bauan yang ada di dekatnya, termasuk minyak aroma terapi yang Moms pakai untuk memijitnya. Dalam memijat bayi, sebaiknya gunakan baby oil ataupun minyak khusus bayi yang beraroma sangat lembut dan nyaman dipakai.

Indera Penglihatan

Moms merupakan orang yang akan pertama dikenali secara kasat mata oleh bayi Moms. Walaupun saat ini pandangan bayi masih sangat terbatas, akan tetapi bayi akan mampu melihat dan juga merekam ekspresi orang yang berada di dekatnya. Maka dari itu sangat baik jika pijat bayi ini dilakukan oleh Moms sendiri. Selain dapat merangsang motorik penglihatan bayi, ternyata memandang wajah Moms juga dapat meredakan stres pada bayi yang mungkin saja akan muncul.

Indera Pendengaran

Ternyata pijatan lembut ini selain akan memberikan ketenangan dan juga kenyamanan pada bayi, ternyata suara-suara relaksasi yang akan mengalun selama pemijatan tersebut secara tidak langsung akan melatih pendengaran dan juga membangun struktur pendengaran bayi dengan lebih baik dan efektif. Maka dari itu, sambil memijat hendaknya Moms juga memutarkan lagu-lagu yang lembut.

Sistem Pencernaan

Kegiatan pemijatan dengan benar pada daerah perut maka akan mampu untuk memperlancar sistem pencernaan bayi, akan tetapi sebaiknya Moms hindari pijatan pada wajah dan juga waspada jika baby oil yang digunakan tersentuh jari bayi. Hal tersebut berkaitan dengan kebiasaan bayi yang selalu memasukkan jari ataupun tangan ke dalam mulut mereka.