Ini Tips Memilih Makanan Pendamping Asi Pada Bayi

Merries Insight
29 Juni 2015
Kesehatan
Share
Ini Tips Memilih Makanan Pendamping Asi Pada Bayi

Moms, jika selama ini Moms bertanya makanan apa sih yang terbaik untuk bayi. Tentu saja jawabannya adalah ASI. Dalam ASI, sudah terkandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Tidak hanya itu, ASI pun sudah dipastikan kebersihannya, dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun, hal ini beda dengan makanan lainnya.

Walaupun begitu, ketika si kecil sudah mulai tumbuh, maka aktivitasnya pun menjadi lebih padat. Tentu saja nutrisi yang dapat dari ASI tidak akan memenuhi semua kebutuhan nutrisinya, untuk itu, si kecil wajib diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Kapankah bayi harus mulai mengenal MPASI?

Pada dasarnya, bayi sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI sejak usia 6 bulan, bahkan beberapa di antara bayi ada yang sudah siap menerima MPASI kurang dari usia itu. Tentunya batasan ini sendiri harus disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan si kecil.

Bagaimanakah cara memilih MPASI terbaik?

Intinya, MPASI yang akan Moms berikan harus memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil. Misalnya saja protein, zat besi, vitamin dan lainnya. Semua itu sudah bisa Moms dapatkan dari buah-buahan, sayuran, daging, ikan dan lainnya.

Selain itu, perhatikan juga cara pengolahannya. Jika sayuran, sebaiknya makanan itu di kukus atau di masak dengan cara di rebus. Sedangkan untuk daging sendiri, usahakan untuk diolah dengan cara di rebus. Setelah itu, daging dihancurkan atau digunakan sebagai campuran bubur bayi.

Selain itu, usahakan untuk tidak memberikan gula buatan, garam dan bumbu penyedap masakan lainnya kepada makanan si kecil. Hal tersebut karena di masa ini, si kecil belum saatnya untuk mengenal bahan-bahan tersebut. Lebih dari itu, bumbu tambahan ini berpotensi menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Intinya, usahakan untuk memberikan makanan-makanan alami yang diolah dengan cara alami juga. Jika Moms merasa kerepotan dalam membuatnya, Moms bisa memilih makanan bayi olahan, dengan catatan, pastikan makanan tersebut tidak mengandung bahan pengawet, bahan tambahan (gula, garam, penyedap rasa dll), dan memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil.

Bagaimana Moms, sudah siap untuk mulai memperkenalkan MPASI kepada si kecil?