Cara Tepat Memperkenalkan Makanan Padat pada Bayi

Cara Tepat Memperkenalkan Makanan Padat pada Bayi

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia menunjukan bahwa dengan manajemen laktasi yang baik dan tepat, produk ASI sudah cukup dinyatakan sebagai makanan tunggal untuk pertumbuhan bayi yang normal. Pemberian ASI eksklusif pada bayi dapat melindungi bayi dari resiko terkena berbagai infeksi saluran pencernaan akibat dari makanan yang dikonsumsi.

Ketika usia bayi Moms sudah menginjak usia 6 bulan, inilah saat yang tepat untuk mengenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI, dibutuhkan pengetahuan yang baik dari orang tua dalam memberikan makanan padat, karena hal ini merupakan pengalaman pertama untuk bayi dalam mengenal makanannya selain ASI.

Mutu Bahan Makanan

Hal yang pertama dan tentu saja yang utama adalah bahan makanan yang Moms berikan kepada bayi Moms ini harus bermutu tinggi menjamin kualitas gizi yang baik. Moms bisa memberikan beberapa makanan seperti hati ayam/sapi yang sudah diblender, bubur sayuran dan beberapa makanan lainnya yang dinilai memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Walaupun sekarang ini sudah banyak produk bubur bayi dengan berbagai macam rasa dan keunggulannya, lebih baik Moms membuat sendiri makanan tersebut dengan pertimbangan kandungan gizi dan kebersihan yang lebih terjamin.

Tekstur dan Konsistensi

Berikanlah makanan yang lembut untuk memulai MPASI supaya bayi tidak mengalami kesulitan mengunyahnya. Berikan makan tersebut secara bertahap, sehingga bayi dapat mengenali makanan terlebih dahulu.

Untuk bayi yang telah berusia 6 bulan, Moms bisa memberinya bubur tim saring lengkap gizi dengan berbagai macam lauk pauk yang telah dihaluskan. Ketika memasuki usia delapan bulan sampai satu tahun, berikan makanan yang dicincang lembut.

Jumlah atau Porsi Makanan

Selama masa perkenalan ini Moms jangan memaksa bayi untuk selalu menghabiskan makanannya. Cobalah untuk lebih sabar lagi, secara umum pada masa ini bayi hanya akan menerima 1 sampai 2 sendok teh makanan saja.

Seiring berjalannya waktu, bayi Moms akan mengenal makanan padat dan pada saat ini Moms sudah bisa memberinya makanan padat dengan porsi yang lebih banyak. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan memaksa bayi untuk banyak makan karena ini akan membuat bayi Moms mengalami obesitas.

Hal yang Harus Moms Perhatikan

Bayi yang sehat tentunya akan memiliki sisitem pencernaan yang sehat pula dan hal ini ditandai dengan frekuensi buang air kecil dan air besarnya yang lancar. Tentunya akan sangat merepotkan jika Moms harus terus menerus mengganti popok bayi. Untuk itulah Moms perlu memakai popok yang berkualitas yang memiliki daya serap yang tinggi sehingga Moms tidak akan terlalu sering mengganti popoknya.

Semua karakteristik popok terbaik yang Moms butuhkan semuanya ada di Merries yang merupakan popok No 1 di Jepang. Popok ini memiliki bahan yang sangat lembut sehingga akan nyaman dipakai seharian, berdaya serap tinggi, memiliki desain yang sangat menarik, memiliki feces block gather yang akan melindungi kotoran supaya tidak tumpah atau rembes.

Merries memiliki alarm pipis yang akan memberitahu Moms kapan waktunya mengganti popok sehingga masalah ruam popok yang sering timbul akibat pemakaian popok asal-asalan dapat terhindarkan. Sehingga kulit bayi tetap kering, bebas iritasi dan ruam popok serta bayi Moms akan lebih nyaman dan sehat.