Bahan Alami untuk Melebatkan Rambut Si Kecil

Merries Insight
15 Juli 2019
Umum
Share
Bahan Alami untuk Melebatkan Rambut Si Kecil

Artikel ini berisi tentang :

  1. Oleskan Ramuan Seledri
  2. Daging Gel Lidah Buaya
  3. Kemiri Untuk Menghitamkan Rambut
  4. Madu Alami

Rasanya lucu banget ya lihat anak yang rambutnya sehat, lebat dan terawat. Pasti perawatannya mahal? Sebenarnya tidak kok Moms, rambut Si Kecil yang sehat, lebat dan terawat bisa didapat dengan melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami.

Mau tahu apa saja? Berikut merupakan bahan alami yang efektif untuk melebatkan rambut Si Kecil. (oleh dr Jolinda Johary, dari Go Dok-aplikasi konsultasi kesehatan secara online)

Oleskan Ramuan Seledri

Seledri merupakan sayuran hijau dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, sayuran dengan aroma khas menyegarkan ini pun mengandung kalsium, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, yang terbukti efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk melakukan perawatan rambut dengan seledri, Moms cukup menumbuk seledri dengan tambahan sedikit air, kemudian oles-oleskan pada bagian kepala Si Kecil. Lakukan dengan sangat hati-hati, dan jangan sampai ada cairan seledri yang menetes pada mata Si Kecil.

Setelah itu, Moms bisa membiarkan kepala Si Kecil hingga kering, kemudian bilas dengan menggunakan waslap. Kalau ingin lebih aman, setelah kepala Si Kecil dioles-oleh dengan  ramuan seledri, Moms bisa menutupi kepala Si Kecil dengan shower cap khusus bayi.

Selain ditumbuk, ramuan seledri ini bisa juga diolah dengan cara diblender. Lakukan perawatan ini setiap hari, dan sebaiknya perawatan ini dilakukan setelah Si Kecil digunduli dulu.

Daging Gel Lidah Buaya

Sama seperti seledri, lidah buaya pun mengandung nutrisi yang terbukti ampuh dalam merawat dan memaksimalkan pertumbuhan rambut. Dalam lidah buaya, terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E, yang terbukti ampuh merawat kulit dan memaksimalkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, seledri pun mengandung kalsium, zinc, asam folat, zat besi, dan magnesium, yang ampuh menjaga kesuburan, melebatkan, melembutkan dan menebalkan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah, Mom hanya perlu membelah lidah buaya, kemudian ambil daging gel-nya saja. Setelah itu, oleskan daging gel lidah buaya di seluruh permukaan kulit kepala Si Kecil. Lakukan dengan sangat hati-hati, dan cukup di area yang ditumbuhi rambut saja.

Diamkan selama 10-20 menit, atau bisa juga dibungkus dengan shower cap khusus bayi. Setelah kering, baru bilas kepala Si Kecil dengan menggunakan waslap. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu, dan saat melakukan perawatan ini, usahakan kepala Si Kecil dalam kondisi gundul.

Kemiri Untuk Menghitamkan Rambut

Kemiri merupakan bumbu dapur dengan kandungan lemak, vitamin B1, dan asam lemak, yang efektif menyuburkan dan menghitamkan rambut Si Kecil. Ramuan kemiri pun cukup aman, dan ampuh dalam melebatkan rambut Si Kecil.

Cara menggunakan kemiri untuk menghitamkan dan melebatkan rambut Si Kecil cukup mudah Moms, tumbuk beberapa butir kemiri hingga minyaknya terekstraksi, kemudian oleskan minyak kemiri tadi ke kulit kepala Si Kecil, dan biarkan hingga meresap sempurna.

Cara lainnya, Moms bisa memanggang beberapa butir kemiri hingga minyaknya keluar. Setelah itu, tumbuk seperti cara di atas, dan aplikasikan minyak kemiri tersebut pada kepala Si Kecil. Lakukan perawatan ini setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

Kalau tidak ingin repot mengolah kemiri, Moms bisa membeli minyak kemiri kemasan yang banyak di jual di supermarket, dan gunakan seperti cara di atas. Tapi ingat, pastikan minyak kemiri yang dibeli benar-benar alami, tanpa campuran bahan lainnya.

Madu Alami

Madu merupakan bahan alami dengan manfaat yang luar biasa, salah satunya mampu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, ramuan madu pun cukup efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut, menebalkan dan melindungi kulit kepala dari jamur.

Untuk melebatkan rambut Si Kecil dengan madu, caranya hampir sama seperti trik di atas, yakni Moms cukup mengoleskan madu ke sekitar kepala Si Kecil. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas kepala Si Kecil dengan bantuan kain waslap.

Tapi harus diingat, sebaiknya Mom gunakan madu alami, bukan madu yang sudah dicampur dengan bahan-bahan tambahan lainnya. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

Selain dengan cara di atas, pastikan Si Kecil selalu memberikan asupan nutrisi terbaik, terutama protein, kalsium, dan asam lemak omega 3, yang terbukti ampuh menjaga kesehatan dan merangsang pertumbuhan rambut Si Kecil dari dalam. Semoga membantu, Moms!