Aturan Penting Si Kecil Boleh Bermain Dengan Binatang Peliharaan

Merries Insight
23 Januari 2019
Umum
Share
Aturan Penting Si Kecil Boleh Bermain Dengan Binatang Peliharaan

Artikel ini berisi tentang :

  1. Banyak Memberi Manfaat
  2. Manfaat Lainnya Punya Binatang Peliharaan
  3. Ada Aturan yang Wajin Dipatuhi
  4. Tips Memilih Binatang Peliharaan Terbaik

 

Memiliki binatang peliharaan merupakan hal yang biasa dilakukan, bahkan di luar negeri sana, binatang peliaraan sudah banyak dilatih agar tidak hanya menjadi teman Si Kecil, tapi juga menjadi penjaga sekaligus pengasuh mereka.

Banyak Memberi Manfaat

Memiliki binatang peliharaan ternyata tidak hanya menyenangkan, tapi juga memiliki banyak manfaat. Menurut yang dilakukan Medical College of Georgia, Amerika, anak yang memiliki binatang peliharaan cenderung lebih kebal terhadap reaksi alergi.

Penelitian ini dilakukan dengan cara melacak 474 bayi dari lahir sampai sekitar usia 7 tahun, kemudian membandingkannya dengan risiko alergi yang dideritanya. Hasilnya, anak yang punya hewan peliharaan lebih jarang terkena alergen dalam ruangan, seperti debu, bulu hewan dan tungau.

Mengenai penyebabnya, belum diketahui secara pasti kenapa risiko alergi justru yang lebih rendah justru didapat oleh mereka yang memiliki binatang peliharaan. Tapi dugaan sementara, interaksi yang intens dengan binatang peliharaan berhasil mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dalam merespon alergen.

Selain itu, anak yang punya binatang peliharaan pun cenderung lebih ceria, sehingga mereka cenderung terhindar dari stres dan mampu memaksimalkan pertumbuhan sistem kekebalan tubuhnya. (oleh Dennis Ownby, MD, peneliti kepala di departemen alergi dan imunologi Medical College of Georgia)

Manfaat Lainnya Punya Binatang Peliharaan

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan mampu menurunkan risiko alergi, punya binatang peliharaan pun akan membuat Si Kecil mampu mengembangkan sikap bertanggung jawab sejak dini. (oleh Gail F. Melson, PhD, profesor studi perkembangan anak di Universitas Purdue)

Selain manfaat tersebut, trnyata masih ada beberapa manfaat lainnya yang akan didapat Si Kecil saat mereka punya binatang peliharaan.

  1. Memberikan rasa nyaman dan mendorong rasa kepercayaan diri Si Kecil. Mereka pun mampu mengembangkan jiwa kepemimpinan yang baik.
  2. Si Kecil yang punya binatang peliharaan cenderung lebih mampu dalam mengembangkan sikap empati, dan mampu memperkuat ikatan keluarga.
  3. Si Kecil jadi lebih disiplin. Hal ini disebabkan karena mereka kini sudah punya jadwal rutin harian, dari mulai memberi makan, mengajak jalan-jalan dan lainnya.

Selain itu, belakangan ini banyak pakar yang berhasil mengembangkan metode terapi dengan binatang peliharaan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus, terutama bagi mereka pengidap autisme.

Ada Aturan yang Wajin Dipatuhi

Meskipun sudah lama bersama, bukan berarti binatang peliharaan milik Si Kecil tidak akan memberi ancaman. Agar lebih aman, berikut merupakan aturan wajib yang harus dipatuhi Si Kecil saat bermain dengan binatang peliharaannya.

  1. Pastikan Moms selalu mengawasi Si Kecil saat bermain dengan peliharaannya. Ini penting agar Si Kecil tidak melakukan tindakan ceroboh yang membuat peliharaannya marah.
  2. Ajarkan Si Kecil untuk tidak berbagi makanan dengan peliharaannya. Jelaskan jika makanan manusia, berbeda dengan makanan peliharaannya.
  3. Biasakan Si Kecil untuk mencuci tangan setiap selesai bermain dengan peliharaannya. Meskipun terawat, bukan berarti peliharaan tersebut benar-benar bebas dari virus dan bakteri.
  4. Perkuat sistem imun tubuh Si Kecil agar dia lebih tahan dari serangan virus dan bakteri yang mungkin menempel pada peliharaannya tersebut.

Jangan lupa Moms, ajarkan Si Kecil etika binatang peliharaan, diantaranya tidak boleh mengambil makanannya (terutama saat dia memakannya), tidak mencolok mata dan telinganya, tidak memprovokasi binatang peliharaan, dan tidak mengganggu bagian sensitif lainnya.

Tips Memilih Binatang Peliharaan Terbaik

Selain mengenali aturan wajib yang harus dipenuhi saat Si Kecil bermain dengan binatang peliharaannya, perhatikan juga kualitas binatang peliharaan berikut ini :

  1. Pastikan binatang peliharaan tersebut sehat (tidak punya borok, bulunya terawat, dan lincah), mendapat vaksin secara rutin.
  2. Hindari memungut binatang peliharaan dari jalan, kecuali jika Moms membawa dulu binatang peliharaan tersebut ke dokter hewan untuk diperiksa status kesehatannya.
  3. Untuk beberapa jenis binatang peliharaan, biasanya akan diberikan setifikat khusus yang menunjukkan keturunan, dan status kesehatannya.
  4. Pilih binatang peliharaan yang jinak dan bisa dijadikan teman. Untuk yang satu ini, kucing atau anjing bisa jadi alternatif terbaik.

Agar lebih aman, cobalah Moms minta rekomendasi dokter hewan Pets Shop mana yang memiliki koleksi binatang peliharaan lengkap, dan terawat dengan baik. Selamat mencoba!