4 Tips Menidurkan Bayi

Merries Insight
02 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
4 Tips Menidurkan Bayi

Menidurkan bayi terkadang menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian orangtua. Berbagai cara mungkin telah dilakukan agar si kecil mau terlelap. Namun, tetap saja mata mungilnya tidak kunjung terpejam. Padahal tidur merupakan saat di mana bayi berkembang secara optimal. Jika kuantitas tidurnya kurang, tentu perkembangannya akan terhambat. Jika Moms juga mengalami kesulitan saat menidurkan bayi simak tips berikut ini.

  1. Diayun – Ayun

Beberapa bayi senang digendong atau diayun – ayun sebelum tidur. Walaupun cara ini sebenarnya tidak dianjurkan karena membuat bayi menjadi ketergantungan untuk selalu minta digendong, cara ini sangat efektif dan relatif cepat membuat bayi terlelap. Bayi akan merasa nyaman saat diayun – ayun sehingga membuatnya terbuai dan tertidur.

  1. Menyusui

Bayi yang tidak kunjung tidur dan rewel bisa saja disebabkan karena ia lapar sehingga ia merasa tidak nyaman dan sulit untuk memejamkan mata. Moms dapat memberikan ASI untuk si kecil agar ia mendapatkan makanan yang cukup sehingga merasa kenyang. Bayi biasanya akan lebih mudah tidur jika berada di pelukan ibunya sambil minum ASI. Setelah si kecil terlelap, baru Moms bisa melepaskan si kecil dan menidurkannya.

  1. Memandikan

Bayi yang sulit tidur biasanya merasa gerah atau kurang nyaman. Moms dapat memandikannya dengan air hangat sebelum tidur. Air hangat memberikan efek relaksasi untuk si kecil sehingga membuatnya merasa lebih nyaman. Setelah mandi, ia juga akan merasa lebih nyaman dan dapat segera tertidur dengan pulas.

  1. Mencium Bayi

Jika tidak menidurkan dengan cara digendong, letakkan bayi di tempat tidurnya kemudian ucapkan kata pengantar tidur dan beri ia ciuman. Berjanjilah Moms untuk kembali lagi dan memberi ia ciuman lagi. Moms bisa mundur beberapa langkah sebelum memberinya ciuman kedua. Jika si kecil bergerak – gerak dan minta digendong atau bahkan menangis, Moms sebaiknya jangan menegurnya. Cukup baringkan lagi bayi di tempat tidur dan beri ciuman. Setelah beberapa hari, Moms akan mengetahui jumlah ciuman dan waktu yang diperlukan untuk menidurkan bayi.

Demikian beberapa tips menidurkan bayi Moms. Antara bayi satu dengan yang lain tentu memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Perlu kesabaran dari Moms agar si kecil bisa terlelap.