10 Tips Rawat Bayi Prematur di Rumah

Merries Insight
31 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
10 Tips Rawat Bayi Prematur di Rumah

Bayi prematur sebenarnya juga boleh dirawat di rumah asal Moms mendapat izin dari dokter. Dokter akan memberikan kriteria khusus sebagai panduan untuk merawat bayi prematur di rumah. Moms wajib memperhatikan panduan-panduan berikut.

  • Perhatikan tingkat suhu ruangan yang nantinya akan digunakan untuk kamar bayi anda. Pastikan suhu ruang kamar bayi anda tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Tujuannya adalah agar suhu bayi prematur anda tetap stabil. Apabila anda ingin menggunakan AC untuk memurnikan kualitas udara di sekitar kamar bayi, setting suhu ruangan dengan suhu antara 26 hingga 27 derajat Celsius saja.
  • Selalu siap sedia dengan peralatan khusus untuk mengecek kondisi bayi seperti thermometer. Simpan thermometer tersebut di tempat yang mudah dijangkau sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu.
  • Sediakan pakaian bayi di dekat tempat tidur bayi. Ketika bayi diajak bepergian, pastikan bayi memakai topi dan kaos kaki dan pakaian panjang agar suhu hangat tetap terjaga.
  • Lakukan metode Kangoroo Mothercare (KMC). Tujuannya adalah untuk mempererat ikatan emosional ibu dan bayi. Metode perawatan ini juga dapat membantu suhu tubuh bayi menjadi lebih normal karena telah tersentuh dengan suhu sang ibu karena ibu dapat mentransfer suhunya ke tubuh bayinya. Metode KMC ini sangat mudah untuk dipraktikan. Gendong bayi di bagian depan. Bila perlu gunakan kaos longgar agar bayi dapat menempel di dada sang ibu
  • Beri ASI sedikit demi sedikit saja akan tetapi sering dilakukan. Semakin tinggi intensitas pemberian ASI-nya akan semakin baik.
  • Beri suplemen pada bayi seperti suplemen asam folat dan zat besi. Gunakan pipet agar mudah dimasukan ke mulut bayi.
  • Tetap mandikan bayi sehari dua kali. Dengan memandikan bayi, segala jenis kotoran yang menempel di tubuh bayi akan hilang. Badan bayi pun akan terlihat bersih dan segar.
  • Jemur bayi di pagi hari selama 10 hingga 15 menit saja. Jemur bayi sebelum jam 9 pagi karena sinar matahari sebelum jam 9 pagi hangatnya pas untuk bayi.
  • Rutin konsultasi dengan dokter. Terlebih lagi jika bayi mengalami gejala muntah dan demam. Dengan melakukan konsultasi dengan dokter secara rutin, Anda dapat mengetahui apakah ada peningkatan kualitas kesehatan seperti berat badan bayi bertambah atau tidak. Jika terjadi peningkatan berat badan pada bayi prematur anda, tandanya anda berhasil melakukan perawatan bayi prematur.
  • Bayi prematur sering tidur adalah suatu hal yang sangat wajar. Bahkan bayi prematur memiliki periode tidur yang lebih lama daripada bayi yang lahir cukup bulan. Menyetel musik dengan nada lembut dan meredupkan cahaya lampu dapat membantu bayi anda tidur dengan lebih lelap.

Jangan lupa Moms pakaikan popok bayi Merries agar bayi anda tetap nyaman saat tidur. Anda pun tak perlu cemas popok bayi anda bocor karena Merries dilengkapi lapisan antibocor yang terbukti efektif menyerap dan menahan cairan pipis bayi secara optimal.