Artikel Parenting

Tips Merawat Kulit Bayi yang Mengelupas (Ganti Kulit)

1
Tips Merawat Kulit Bayi yang Mengelupas (Ganti Kulit)

Moms & Dads yang anaknya mengalami kulit mengelupas, sebaiknya jangan khawatir. Memang benar kondisi ini akan membuat rewel bayi karena rasa perih yang dirasakannya, tetapi beberapa cara di bawah ini, sedikit banyak mungkin akan membantu menyelesaikan masalah kulit mengelupas yang si kecil alami.

Perhatikan suhu

Perlu Moms ketahui jika kulit mengelupas ini merupakan salah satu dari masalah biang keringat atau miliaria yang sangat erat. Kondisi ini sendiri biasanya akan berhubungan langsung dengan faktor kelembaban udara serta faktor cuaca juga. Jadi untuk mengatasinya, usahakan agar suhu ruangan si kecil tetap hangat, tanpa membuat si kecil merasa kepanasan.

Perhatikan Pakaiannya

Usahakan untuk selalu memperhatikan pakaian si kecil, terutama bahannya. Bahan pakaian yang baik untuk anak adalah, bahan pakaian yang mampu menyerap keringat, lembut di kulit dan tidak menimbulkan si kecil kepanasan. Bahan ini sendiri bisa Moms dapatkan dari kain sutera atau kain katun lembut. Selain itu, pastikan pakaian bayi ini Moms cuci dengan bersih.

Kenali Penyebab Iritasi

Coba perhatikan kembali, mungkin saja si kecil mengalami Iritasi dan alergi karena sabun atau produk kosmetik bayi lainnya, seperti kayu putih, minyak telon, bedak dan lainnya. Kalau kondisi kulit sampai mengelupas begitu, ada baiknya cek lagi sabun mandi si kecil, jangan-jangan si kecil tidak cocok dengan sabun mandi tersebut. Jika Iya, segera hentikan dan kembali ke sabun mandi sebelumnya.

Lotion Khusus Bayi

Ada beberapa lotion khusus bayi yang memang sangat disarankan untuk mengatasi masalah ini. Untuk itu, ada baiknya Moms segera datangi apotek dan mintalah salep bayi khusus untuk mengatasi biang keringat, alergi dan masalah kulit mengelupas.

Perhatikan popok

Jika kondisi ini terjadi diare popok, sebaiknya perhatikan juga penggunaan popok bayi. Ada beberapa popok yang memang tidak dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang tepat, dan tidak mampu menyerap cairan sehingga menyebabkan ruam, alergi dan bahkan bisa membuat kulit bayi seperti mengelupas.

Solusinya, popok Merries merupakan solusi terbaik. Popok Merries dibekali dengan lubang sirkulasi udara yang membuat kulit tetap bisa bernafas dengan lega. Selain itu, popok Merries juga memiliki kemampuan menyerap cairan lebih baik ketimbang popok lainnya, hal inilah yang membuat permukaan kulit bayi tetap kering dan nyaman digunakan.

Jika kondisi si kecil sudah cukup mengkhawatirkan, sangat disarankan agar Moms & Dads segera membawa si kecil ke dokter anak atau dokter spesialis kulit untuk mengetahui penyebab pastinya, dan cara tepat mengatasinya.

artikel terkait