Artikel Parenting

Stop Kenalkan Makanan Ini Pada Bayi

1
Stop Kenalkan Makanan Ini Pada Bayi

Moms, dalam masa pertumbuhan, si kecil tidak hanya membutuhkan ASI saja, tapi lebih dari itu, si kecil juga membutuhkan makanan pendamping sebagai syarat terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi sang buah hati. Untuk itu, makanan yang bergizi dan diolah dengan cara baik merupakan hal yang harus Moms perhatikan.

Berikut merupakan makanan yang jangan diberikan kepada anak yang baru mengenal MPASI.

Menimbulkan Alergi

Beberapa anak kadang terlahir dengan kondisi alergi khusus kepada makanan-makanan tertentu, salah satunya adalah alergi makanan laut seperti udang dan Ikan. Walaupun memiliki khasiat yang lebih, jika si kecil diketahui memiliki alergi dengan salah satu jenis makanan, sebaiknya jangan paksa si kecil mengonsumsi makanan tersebut.

Mengandung Bahan Pengawet

Usahakan untuk tidak memberikan makanan kemasan yang diketahui memiliki bahan pengawet. Makanan terbaik untuk si kecil adalah makanan yang alami dan dibuat dari bahan-bahan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Untuk itu, daripada Moms membeli makanan kemasan yang tidak jelas asal usulnya, mendingan Moms buat sendiri makanan bayi di rumah.

Mengandung Gula Berlebih

Jangan karena si kecil menyukai makanan manis, lantas Moms memberikannya makanan yang banyak mengandung gula buatan. Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan si kecil obesitas, dan berisiko menderita diabetes dalam usia dini.

Lantas, makanan seperti apa yang baik untuk si kecil?

Makanan yang terbaik adalah makanan yang sesuai dengan usia si kecil. Selain itu, makanan tersebut kalau bisa Moms olah sendiri untuk memastikan khasiat dan kebersihannya. Contohnya saja, Moms bisa membuat bubur bayi dari campuran jus sayuran yang sudah di rebus atau di kukus.

Jika si kecil tidak memiliki alergi makanan tertentu, Moms bisa menambahkan ikan, daging atau ati ayam yang sudah dihaluskan. Selain itu, dalam usia lanjut Moms pun bisa memberikan Finger Food seperti potongan wortel rebus, buah-buahan segar yang lunak, biskuit khusus bayi, brokoli kukus dan lainnya.

Moms sendiri bagaimana, makanan seperti apa sih yang biasanya Moms berikan untuk sang buah hati? Boleh dong sharing resepnya di sini.

artikel terkait