Artikel Parenting

Sebab-Sebab Bayi Tidak Lancar Buang Air Besar

500
Sebab-Sebab Bayi Tidak Lancar Buang Air Besar

Kasihan rasanya ketika melihat bayi mengalami susah BAB alias sembelit. Sembelit pada bayi jangan dianggap remeh karena jika tidak segera ditangani dengan baik, bisa saja dapat menimbulkan masalah kesehatan khususnya kesehatan saluran cerna. Normalnya, bayi akan buang air besar sehari sekali. Ketika bayi mengalami sembelit, umumnya bayi akan rewel. Tanda lainnya bayi mengalami sembelit selain rewel, antara lain:

  • Perut bayi keras
  • Tinja bayi yang keluar bertekstur keras
  • Terkadang terdapat bercak darah pada tinja. Bercak darah ini timbul akibat adanya gesekan antara tinja yang keras dengan anus.

Adapun penyebab bayi susah buang air besar adalah sebagai berikut:

  • Faktor susu formula

Bayi yang diberi susu formula cenderung berisiko mengalami sembelit. Hal ini berkaitan dengan kandungan lemak dan protein pada susu formula yang levelnya tidak seimbang. Kandungan kalsium dan fosfor pada susu formula yang tinggi juga menjadi penyebab sembelit pada bayi. Pasalnya kadar kalsium dan fosfor yang tinggi justru menghambat proses penyerapan cairan oleh dinding-dinding usus.

  • Bayi kekurangan cairan

Sebenarnya asupan cairan pada bayi dapat dipenuhi hanya dengan meminum ASI saja. jadi Moms tak perlu sering memberi bayi anda air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh si bayi. Nah, untuk bayi yang sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan pendamping ASI, asupan cairan tidak hanya bisa didapat dari air putih saja, melainkan juga dari proses pemasaakan yang menggunakan air dalam jumlah besar.

  • Adanya penyakit tertentu

Sembelit pda bayi juga bisa saja terjadi karena faktor adanya penyakit tertentu khususnya penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Luka pada anus, misalnya, menyebabkan bayi menunda untuk buang air besar sehingga tinja akan terus menumpuk dan mengeras. Akibatnya, tinja pun susah untuk dikeluarkan.

  • Hirschsprung alias gerakan usus
  • Bayi alergi terhadap makanan tertentu. Salah satu efek dari alergi terhadap makanan tertentu bisa berupa sembelit. Mungkin bayi anda sembelit karena faktor alergi makanan tertentu.

Moms, ingin membuat bayi anda selalu nyaman baik saat terjaga maupun saat terlelap tidur, cukup pakaikan popok bayi Merries yang benar-benar terbukti efektif menyerap cairan pipis secara cepat. Lapisan popok pun kembali kering, lembut dan sejuk sehingga tidak akan membuat kulit bayi anda iritas.

artikel terkait