Artikel Parenting

Panduan Memilih Tempat Liburan untuk Bayi

0
Panduan Memilih Tempat Liburan untuk Bayi

Artikel ini berisi tentang :

  1. Pastikan Usia Si Kecil Sudah Cukup Untuk Berwisata
  2. Pilih Transportasi Yang Nyaman dan Aman
  3. Pilih Destinasi Wisata Yang Mudah Dijangkau
  4. Bawa Perlengkapan Seperlunya Saja

Setelah melahirkan, bukan berarti Moms tidak bisa berwisata. Liburan ini penting banget untuk sekedar melihat keindahan dunia dan mengatasi stres pasca perjuangan panjang selama hamil dan melahirkan. Tapi ingat, ada syarat wajib yang harus Moms penuhi saat memilih destinasi wisata.

Berikut merupakan panduan sederhana memilih tempat liburan bersama Si Kecil.

Pastikan Usia Si Kecil Sudah Cukup Untuk Berwisata

Sebelum mengajak Si Kecil traveling, hal pertama yang harus diperhatikan adalah, usianya sudah cukup. Umumnya, Si Kecil yang sudah berusia 3-4 bulan sudah memiliki sistem kekebalan tubuh, dan memorinya sudah terbentuk, meskipun masih belum maksimal.

Tapi ingat, pehitungkan dulu kondisinya. Jika Si Kecil terlahir normal (panjang, berat badan dan tidak lahir prematur), Moms boleh mengajaknya traveling. (oleh Dr. dr. Meita Damayanti, SpA(K), M.Kes, dokter spesialis anak, sekaligus sekretaris UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial IDAI)

Selain itu, perhatikan juga kondisi kesehatannya. Pastikan Si Kecil dalam kondisi baik-baik saja, baik sebelum berangkat traveling, atau menjelang pulang dari tempat wisata. Untuk memastikan kesehatannya, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk memeriksakan diri ke dokter.

Pilih Transportasi Yang Nyaman dan Aman

Agar lebih nyaman, Moms bisa menggunakan mobil pribadi (rental atau milik sendiri). Selain itu, usahakan untuk beristirahat setiap 2-3 jam sekali. Kalau bisa, sebaiknya durasi perjalanan dari rumah menuju tempat wisata tidak lebih dari 6 jam.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh Si Kecil agar tidak drop akibat kelelahan karena perjalanan panjang, sekaligus memberikan kesempatan kepada Moms untuk beristirahat sejenak, dan menyusui Si Kecil dengan nyaman.

Kalau menggunakan angkutan umum, misalnya pesawat, pastikan Moms sudah memenuhi persyaratan dari pihak maskapai penerbangan. Umumnya, beberapa maskapai penerbangan mewajibkan bayi yang diajak terbang sudah berusia di atas 3 bulan.

Pilih Destinasi Wisata Yang Mudah Dijangkau

Moms mungkin berjiwa petualangan sehingga lebih suka naik gunung. Tapi saat bersama Si Kecil, sebaiknya hindari destinasi wisata seperti ini. Cobalah untuk mencari destinasi wisata yang aman dan mudah dijangkau, seperti pantai atau taman rekreasi.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait karakteristik destinasi wisata yang ramah bagi Si Kecil yang masih bayi.

  1. Pastikan sinyal telpon seluler tersedia dan kuat. Hal ini dilakukan agar Moms lebih siap saat berhadapan dengan kondisi darurat.
  2. Pilih destinasi wisata yang memiliki akses Transportasi baik. Kalau bisa, cari praktek dokter anak yang dekat dengan destinasi wisata yang Moms tuju.
  3. Pastikan destinasi wisata yang dipilih punya ruangan hijau atau ruang terbuka. Hal ini dilakukan agar Moms lebih nyaman, dan menghindarkan Si Kecil dari kepanasan.
  4. Pastikan destinasi wisata tersebut aman dan ramah anak-anak.
  5. Pastikan kerumunan orang di tempat wisata tersebut tidak terlalu padat. Ini penting Moms, mengingat kita tidak tahu status kesehatan orang-orang yang lalu-lalang di sekitar Si Kecil.

Bawa Perlengkapan Seperlunya Saja

Kebanyakan dari kita akan lebih mementingkan perlengkapan dokumentasi saat akan pergi traveling. Tapi kali ini, Moms justru wajib lebih memprioritaskan kebutuhan Si Kecil. berikut merupakan keperluan Si Kecil yang wajib dibawa saat traveling.

  1. Bawa diapers dan tissue basah. Perlengkapan ini harus disatukan dengan perlengkapan setelah mandi Si Kecil, seperti minyak telon dan lainnya.
  2. Pastikan Moms membawa beberapa pakaian cadangan Si Kecil, termasuk pakaian hangat, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ketumpahan, muntah dan lainnya.
  3. Bawa ASI perah dalam kemasan aman, seperti botol. Sangat disarankan untuk membawa cooler box dan penghangat ASI.
  4. Jika Moms bepergian dengan angkutan umum, pastikan untuk membawa nursing apron atau celemek menyusui.

Jika Si Kecil sudah punya mainan favorit, jangan lupa untuk membawanya. Selain itu, membawa MP-ASI pun cukup penting jika Si Kecil sudah berusia lebih dari 6 bulan.

 

artikel terkait