Artikel Parenting

Nama Bayi Perempuan & Laki-laki yang Tetap Populer Sampai Saat Ini

0
Nama Bayi Perempuan & Laki-laki yang Tetap Populer Sampai Saat Ini

Artikel ini berisi tentang :

  1. Bagaimana cara memberikan nama Si Kecil?
  2. Inspirasi Nama Anak Perempuan
  3. Inspirasi Nama Anak Laki-laki
  4. Nama Berpengaruh Pada Karir Masa Depan

Saat hamil, salah satu hal yang pertama dilakukan adalah, menyiapkan beberapa nama alternatif bagi Si Kecil saat terlahir nanti. Biasanya, persiapan pemberian nama akan dimatangkan saat Moms sudah mengetahui jenis kelamin Si Kecil lewat pemeriksaan USG.

Bagaimana cara memberikan nama Si Kecil?

Tentu saja tiap pasangan punya cara yang berbeda dalam menentukan nama anaknya kelak, ada yang berdasarkan tokoh idola dengan disandingkan nama keluarga, berdasarkan nama bulan dan hari kelahiran, atau kejadian spesial yang terjadi saat Si Kecil dilahirkan.

Selain itu, beberapa orang tua sangat yakin jika nama merupakan doa. Hal inilah membuat banyak orang tua yang mencoba menyelipkan unsur-unsur doa dan makna khusus dalam nama anaknya.

Misalnya Gibran Rakabuming Raka, nama anak pertama Presiden RI, Joko Widodo tersebut memiliki makna yang cukup mendalam. Gibran bermakna anak yang pintar, atau bisa juga diakronimkan sebagai gigih dan berani.

Sedangkan Rakabuming terdiri dari 3 suku kata, yakni Raka yang berarti kakak laki-laki, Bumi, dan Ing yang bermakna di. Jadi kalau diartikan, secara keseluruhan Gibran Rakabuming Raka berarti putra pertama yang pandai, tapi tetap sederhana dan membumi.

Jadi, sebelum memberikan nama, ada baiknya Moms mempertimbangkan banyak faktor, selain mudah diingat dan diucapkan, Moms pun harus memasukkan unsur harapan atau doa, dan makna dari nama tersebut. Tapi ingat, pastikan yang positif ya!

Inspirasi Nama Anak Perempuan

Jika kebetulan jenis kelamin Si Kecil perempuan, sebenarnya ada banyak nama yang bisa dipilih, dan memiliki makna yang positif. Bonusnya, nama-nama tersebut cukup populer hingga kini. Apa saja ya? Berikut merupakan nama anak perempuan yang masih populer hingga kini.

  1. Ayunina, artinya bunga yang cantik.
  2. Amelia, artinya wanita pekerja keras
  3. Azkia, artinya lebih suci, wanita yang bersih atau suci.
  4. Aqilla, artinya anak perempuan yang pandai
  5. Binar, artinya anak yang selalu sinar
  6. Clarissa, artinya anak perempuan yang pandai
  7. Citrani, artinya anak perempuan yang punya citra baik
  8. Gemintang, artinya susunan bintang, anak yang bersinar bagaikan bintang
  9. Kalila, artinya sahabat atau teman dekat
  10. Kirania, artinya wanita yang berpegang teguh pada prinsip
  11. Nura, malaikat kecil, cahaya, bersinar, atau terang
  12. Reny, artinya bunga teratai
  13. Risa, artinya tersenyum, anak yang murah senyum dan ramah
  14. Senandung, artinya nyanyian lembut, anak perempuan yang lembut
  15. Safa, murni, atau wanita yang penuh dengan kebaikan dan ikhlas.

Bagaimana, menarik bukan. Moms bisa menambahkan 1-2 kata lagi untuk melengkapinya, bisa juga ditambahkan dengan marga atau nama belakang keluarga.

Inspirasi Nama Anak Laki-laki

Sama seperti anak perempuan, nama anak laki-laki pun harus memiliki makna, dan unsur harapan dari Moms dan pasangan. Berikut beberapa inspirasi nama anak laki-laki yang cukup populer hingga kini, mudah diucapkan dan tentu saja bermakna baik.

  1. Adhit, artinya anak laki-laki yang tampan
  2. Abhimanyu, artinya diambil dari nama anak Arjuna
  3. Arkana, artinya anak yang berhati terang, jujur dan berpegang teguh pada kebenaran
  4. Fadil, artinya anak yang paling utama
  5. Farrel, artinya anak yang pemberani, jujur
  6. Farzan, artinya anak yang bijaksana
  7. Hakim, artinya anak yang bijaksana
  8. Imran, artinya anak yang baik budi bahasanya
  9. Iqbal, artinya anak yang selalu berjaya, memiliki kejayaan
  10. Gilang, artinya anak yang selalu teguh
  11. Lutfi, artinya anak yang baik, ramah dan lembut
  12. Mahendra, artinya raja yang sabar
  13. Mirza, artinya anak laki-laki yang baik
  14. Rizki, artinya rezeki, atau anak pembawa rezeki
  15. Rama, artinya anak pembawa kebahagiaan

Nama Berpengaruh Pada Karir Masa Depan

Hubungan antara tanggal lahir, zodiak dan karir seseorang memang masih jadi mitos. Tapi khusus untuk nama, beberapa penelitian telah berhasil menemukan jika nama cukup berpengaruh pada masa depan anak nanti, khususnya dalam hal pekerjaan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, dan ditayangkan dalam PBS Digital Studio BrainCraft, dengan tajuk The Bizarre Ways Your Name Affect Your Behavior, menyebut ada kaitana yang unik antara nama dan karir seseorang.

Misalnya, anak yang diberi nama tertentu, secara naluriah akan mencari arti dari namanya tersebut. Setelah menemukannya, mereka akan berusaha mencari tahu dan mempelajarinya, hingga akhirnya tertarik untuk terjun dalam dunia yang berkaitan dengan nama tersebut.

Misalnya, nama Steve Jobs dikenal sebagai seorang ahli teknologi, penemu, peneliti dan mantan CEO Apple Inc. Mengetahui namanya pernah digunakan orang yang besar di masa lalu, Si Kecil pun akan berusaha untuk mencari tahu karya apa saja yang pernah dibuat Steve Jobs dan seperti apa Apple Inc.

Secara mengejutkan, hal ini akan berpengaruh pada mintanya, dan bukan tidak mungkin di masa depan nanti Si Kecil akan menjadi ahli teknologi, dan CEO sebuah perusahaan besar. Jadi, tidak ada salahnya Moms memberikan nama Si Kecil, dengan nama tokoh dunia. Siapa tahu dia akan meneladaninya, dan mengikuti jejak mereka. Semoga bermanfaat Moms!

artikel terkait