Artikel Parenting

Moms Bisa Coba Cek Kesehatan Si Kecil Melalui Fesesnya

1
Moms Bisa Coba Cek Kesehatan Si Kecil Melalui Fesesnya

Moms & Dads, jika orang dewasa sakit, mungkin mereka akan langsung bicara dan meminta solusi atas sakit yang dialaminya. Tapi bagaimana kalau bayi sakit, adakah tanda-tandanya? Yuk kita lihat tanda si kecil sehat melalui fesesnya?

Frekuensi

Kalau si kecil masih rutin menerima asupan ASI eksklusif, biasanya jadwal pup mereka ini sekitar empat kali dalam sehari, dan bahkan terkadang lebih. Tapi bagaimana kalau si kecil ternyata hanya pup sekali dalam seminggu? Jangan khawatir, selama tekstur feses si kecil masih lembut serta berat badannya terus bertambah, maka ini masih bisa dikatakan normal.

Masih Menerima ASI

Biasanya bayi yang masih menerima ASI Eksklusif akan berwarna kuning terang dan agak berbau. Selain itu, biasanya tekur fesesnya juga akan sedikit kasar. Biasanya kondisi ini akan terjadi di Minggu awal si kecil dilahirkan.

Sudah Mengonsumsi MPASI

Jika si kecil sudah mulai mengonsumsi makanan padat (Makanan pendamping ASI), maka feses si kecil akan terpengaruh oleh makanan yang mereka konsumsi. Jika si kecil mengonsumsi wortel, tomat atau makanan berwarna lainnya, biasanya feses si kecil akan berwarna kuning. Sedangkan kalau si kecil hanya diberi sayuran hijau, maka fesesnya akan cenderung berwarna hijau.

Perlu diketahui, warna feses hijau merupakan tanda bayi menerima asupan laktosa yang berlimpah makanan yang dia konsumsi. Yang harus Moms perhatikan adalah, kalau warna fesesnya berwarna pucat atau memiliki bercak darah, hati-hati mungkin si kecil sedang mengalami masalah liver (feses pucat), atau mengalami sembelit. Dalam kondisi ini, sebaiknya Moms segera hubungi dokter.

Selain itu, supaya si kecil tetap bersih dan fesesnya tidak keluar ketika sedang pup banyak, ada baiknya Moms gunakan popok Merries. Hal tersebut karena popok Merries merupakan popok No.1 di Jepang yang sudah dilengkapi dengan Feces Block Gather, yang mampu mencegah popok bocor atau feses si kecil keluar.

Selain itu, popok Merries juga memiliki 3 garis kuning yang merupakan alarm penanda pipis. Dengan kata lain, jika garis ini berubah dari warna kuning ke warna biru, maka itu artinya popok harus segera di ganti. Hebat bukan? Makanya Moms, Yuk kita tinggalkan popok lainnya dan beralih ke Merries!

artikel terkait