Artikel Parenting

Mengenal Fase Tersenyum Usia Bayi Moms

292
Mengenal Fase Tersenyum Usia Bayi Moms

Senyum terkembang dari mulut mungil bayi Moms terlihat begitu menyenangkan jiwa orangtua. Ternyata senyum yang diberikan oleh seorang bayi memiliki fase sendiri-sendiri. Disesuaikan usia bayi Moms dengan respon yang berbeda. Menarik untuk Moms kenali setiap fase tersenyum bayi Moms.

Fase Tersenyum Usia Bayi 0 Sampai 1 Bulan

Bayi yang baru lahir usia nol sampai menginjak angka satu bulan, senyum yang terkembang adalah spontan. Bayi Moms melihat apapun jika dalam keadaan terjaga maka senyum manis terkembang. Ketika bayi sedang duduk sambil melihat lingkungan sekitar, bayi tiduran dalam keadaan terjaga, bayi akan tersenyum secara spontan.

Fase Tersenyum Usia Bayi 1 Sampai 2 Bulan

Bayi yang menginjak usia beranjak dua bulan, senyum yang Moms lihat sudah bukan senyum spontan. Senyum yang terkembang merupakan senyum karena melihat obyek di depannya memang membuat bayi Moms tersenyum. Bayi Moms sudah mulai mengembangkan respon otak untuk berpikir apakah obyek di depannya menarik atau tidak. Jika menarik maka bayi Moms akan tersenyum.

Fase Tersenyum Usia Bayi 3 Sampai 4 Bulan

Senyuman bayi Moms pada usia tiga sampai empat bulan sudah mulai merespon dengan baik. Tidak hanya merespon obyek seperti apa yang bayi Moms lihat. Melainkan bayi Moms mampu beradaptasi ketika Moms ajak bercanda. Respon bayi tidak hanya tersenyum juga ditambah tertawa yang renyah.

Fase Tersenyum Usia Bayi 4 Sampai 6 Bulan

Sudah terdapat jeda untuk senyum yang terkembang pada bayi usia empat sampai enam bulan. Jeda yang dimaksud adalah bayi Moms sudah mampu mengatur pergerakan senyum yang terkembang. Jika memang sudah tidak merasa obyek yang dilihat lucu maka bayi akan terdiam dengan raut muka biasa.

Fase Tersenyum Usia Bayi 6 Sampai 12 Bulan

Bertambah usia maka bayi Moms semakin pintar menempatkan waktu tersenyum. Bayi Moms akan menambah senyum dan tawa yang semakin mantap dibanding usia sebelumnya. Senyum juga dimunculkan sebagai bentuk sapaan kepada orang lain.

Senyum bayi memang berlangsung spontan disetiap fase. Moms tetap perlu melatih fase tersenyum bayi Moms. Semakin sering senyum kepada orang lain maka bayi Moms kelak menjadi orang yang ramah kepada orang lain.

artikel terkait