Artikel Parenting

Kenapa Sih Anak Takut Mandi? Ini Alasannya

700
Kenapa Sih Anak Takut Mandi? Ini Alasannya

Artikel ini berisi tentang :

  • Kenapa Si Kecil Bisa Takut Mandi?
  • Bagaimana Cara Mengatasi Si Kecil yang Takut Mandi?
  • Hati-hati Trauma Mandi pada Si Kecil
  • Isu Seputar Mandi Air Dingin yang Bikin Pusing!

Biasanya, mandi merupakan saat yang menyenangkan bagi Si Kecil. Tapi entah kenapa, keceriaan ini bisa berubah 180 derajat, dimana sekarang mereka menganggap mandi sebagai sesuatu yang menakutkan. Bahkan tidak jarang drama pun akan terjadi saat Moms mengajak Si Kecil untuk mandi.

Kenapa Si Kecil Bisa Takut Mandi?

Menurut Dr. William Sears, pengasuh Ask Dr. Sears di parenting.com, fenomena Si Kecil yang tiba-tiba takut air dan enggan mandi merupakan hal yang banyak terjadi. Uniknya, Moms tidak akan tahu alasan pasti kenapa dia jadi berubah dan takut dengan air.

Walaupun begitu, Dr. Sears yakin jika rasa takut terhadap mandi ini sebenarnya merupakan salah satu cara Si Kecil dalam membangun awareness terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu, bisa saja kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan rutinitas keluarga, kondisi suhu sekitar dan penyebab lainnya.

Selain itu, Dr. Sears menduga jika perubahan perilaku ini disebabkan karena pengaruh sugesti dari luar. Misalnya, Si Kecil membayangkan jika dirinya akan tersedot ke dalam saluran pembuangan air, tenggelam dalam bak, atau membayangkan air sebagai benda yang membahayakan.

Bagaimana Cara Mengatasi Si Kecil yang Takut Mandi?

Mengenai masalah ini, Dr. Sears menyarankan Moms untuk mengatasi rasa takut Si Kecil terlebih dahulu. Selain itu, jangan memaksa Si Kecil untuk mandi. Alih-alih mengatasi rasa takutnya, memaksa Si Kecil mandi justru akan membuat rasa takutnya semakin tumbuh.

Alternatif lainnya, Moms bisa membiarkan Si Kecil mandi dengan benda-benda kesayangannya atau Moms pun bisa berdalih dengan meminta Si Kecil untuk menemani mainannya mandi. Misalnya, menemani main si bebek kuning di bathtub, atau mainan lainnya yang dia sukai.

Dengan memindahkan fokus seolah-olah bukan Si Kecil yang mandi, diharapkan mandi jadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan.

Hati-hati Trauma Mandi pada Si Kecil

Selain beberapa penyebab diatas, bisa jadi alasan Si Kecil takut mandi karena ada pengalaman buruk yang membuatnya trauma, bahkan membuatnya phobia terhadap mandi. Umumnya, hal ini disebabkan karena trauma saat terjadi bencana yang berhubungan dengan air.

Takut mandi pun bisa disebabkan karena Si Kecil selalu dipaksa dan dimarahi saat dia enggan mandi, atau mendapat pengalaman tidak menyenangkan selama mandi, misalnya mata yang perih karena kemasukan sabun, melihat binatang menakutkan di kamar mandi dan lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, Moms harus mampu meyakinkan jika mandi merupakan proses yang menyenangkan, salah satunya dengan mandi bersama mainan kesayangan atau membelikan alat-alat mandi yang lucu. Jangan lupa, puji Si Kecil setelah dia selesai mandi.

Isu Seputar Mandi Air Dingin yang Bikin Pusing!

Selain issue tentang anak yang takut mandi, terkadang orangtua pun dibingungkan dengan issue kapan Si Kecil mulai bisa mandi dengan air dingin. Bahkan saking banyaknya mitos, banyak orangtua yang akhirnya tidak berani memandikan Si Kecil, kecuali dengan air hangat.

Mengenai hal ini, Atilla Dewanti, SpA, pakar dari Brawijaya Women and Children Hospital, menyebut jika kapan waktu terbaik Si Kecil bisa diajarkan untuk mulai mandi dengan air dingin, masih sangat abu-abu. Hanya saja, Idealnya usia 6 bulan sebenarnya waktu terbaik untuk memulai kebiasaan ini.

Alih-alih berbahaya, mandi air dingin justru dapat membantu Si Kecil mendapatkan daya tahan terhadap lingkungan, sekaligus membantu menyegarkan tubuhnya.

Tapi ingat Moms, Atilla berpesan agar ini dilakukan secara perlahan. Selain itu, proses mandi dengan air dingin pun sebaiknya dilakukan, maksimal selama 15-20 menit saja. Tentu saja Moms pun harus memperhitungkan kondisi fisik dan cuaca di sekitar. Selamat mencoba!

artikel terkait