Artikel Parenting

Cara Memperbanyak ASI yang Wajib Diketahui Suami

119
Cara Memperbanyak ASI yang Wajib Diketahui Suami

Walaupun hampir semua orang tahu jika ASI merupakan sumber makanan terbaik untuk bayi, tapi sayangnya masih banyak orang yang tidak mau memberikan ASI dan lebih memilih susu formula. Alasannya beragam, salah satu yang paling populer adalah, karena ASI tidak keluar, atau karena produksinya sedikit.

Tapi tahukah dads kalau ASI bisa dipancing jika tidak keluar, atau jumlah diproduksinya di perbanyak jika dads merasa sedikit. Nah Dads, ketika istri dads tidak mau memberikan ASI karena alasan ASI sedikit atau bahkan tidak keluar, begini solusinya!

Pijat

Metode pijat bisa menjadi pilihan terbaik untuk melancarkan dan memperbanyak produksi ASI. Kalau di perkampungan, biasanya Moms baru akan langsung di pijat oleh dukun beranak untuk merangsang produksi ASI Moms.

Tapi jangan khawatir, untuk dads yang berada di perkotaan, dads pun bisa mencari tukang pijat yang bisa menagani masalah ini. Metode pemijatan untuk melancarkan ASI ini banyak macamnya, dari metode pijat badan, pijat payudara, pijat tengkuk dan lainnya. Walaupun berbeda, tapi tujuannya tetap sama kok!

Ramuan Tradisional

Selain dengan metode pemijatan, ada juga cara merangsang produksi ASI dengan cara menggunakan ramuan tradisional. Salah satu yang paling populer adalah ramuan daun katuk, dads tinggal merebus daun katuk kemudian meminum ramuan tersebut.

Selain daun katuk, masih banyak lagi ramuan tradisional yang terbukti ampuh mampu memperbanyak jumlah produksi ASI, sebut saja bayam, daun nangka, jamu kencur, dan lainnya. Cara tradisional ini lebih direkomendasikan karena lebih aman dan terbukti khasiatnya.

Obat-obatan

Kalau dads merasa repot untuk mengolah ramuan daun kantuk, Dads bisa menggunakan alternatif lainnya, yakni dengan menggunakan obat. Walaupun begitu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Dads menggunakan metode ini. Kalau perlu, Dads bisa menggunakan obat yang sebelumnya dianjurkan oleh dokter.

Selain itu, masih banyak cara untuk memperbanyak produksi ASI lainnya, dari mulai metode kompres, senam, dan lainnya. Makanya Dads, karena banyaknya metode untuk melancarkan atau bahkan memperbanyak ASI, kini tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan ASI kepada si kecil. Yuk jadi Dads yang baik dengan cara mendukung pemberian ASI!

artikel terkait