Artikel Parenting

Bayi Mandi Air Dingin, Apakah Lebih Sehat?

983
Bayi Mandi Air Dingin, Apakah Lebih Sehat?

Moms, mungkin Moms tidak akan tega bila Moms memandikan buah hati anda yang masih bayi dengan menggunakan air dingin (bukan air hangat). Namun bagi Moms yang terbiasa memandikan bayi anda dengan air hangat, anda harus memasak air terlebih dahulu (bila di rumah tidak ada shower dan water heater). Tentu ini akan sedikit merepotkan anda. Tapi tahukah Moms, ternyata memandikan bayi dengan menggunakan air dingin memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan bayi loh. Ingin tahu apa saja manfaat mandi air dingin bagi bayi? Simak informasinya berikut ini.

  • Air dingin dapat memaksa tubuh si bayi untuk dapat menghasilkan energi yang lebih besar guna menghangatkan tubuh si bayi. Oleh karena itu, memandikan bayi dengan air dingin lebih baik bila dibandingkan dengan memandikan bayi dengan air hangat. Akan tetapi dengan ketentuan tidak sedang musim dingin atau tinggal di daerah yang dingin serta bayi dalam kondisi sehat.
  • Mandi dengan air dingin ternyata mampu meningkatkan jumlah sel-sel darah putih pada tubuh bayi. Jumlah sel darah putih yang meningkat merupakan tanda sistem imun yang semakin kuat sehingga tubuh bayi dapat melawan kuman-kuman penyebab penyakit.

Para ahli kesehatan anak mengatakan bahwa Moms boleh memandikan bayi anda dengan air dingin mulai dari usia bayi 2 sampai 4 bulan. Khusus untuk bayi yang lahir prematur, sangat tidak dianjurkan untuk dimandikan dengan air dingin di usianya yang baru 2 bulan dengan alasan karena bayi prematur memiliki kulit yang lebih tipis. Bayi prematur membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika bayi prematur tetap dimandikan dengan air dingin di usianya yang masih 2 bulan, dikhawatirkan bayi akan mengalami hipotermia yang mana hipotermia ini dapat berisiko menghambat tumbuh kembangnya.

Kini Moms sudah tahu manfaat mandi dengan air dingin untuk bayi khususnya bayi yang lahir dengan umur yang cukup alias bukan bayi prematur, namun dengan beberapa ketentuan pastinya. Agar bayi tetap nyaman baik saat bayi sedang terjaga atau terlelap tidur, pastikan Moms pakaikan popok bayi Merries.

artikel terkait