Artikel Parenting

Banyak Produk Bubur Bayi Instan, Aman Tidak Ya?

32
Banyak Produk Bubur Bayi Instan, Aman Tidak Ya?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Apakah Bubur Bayi Instan Aman?
  2. MP-ASI Alami Belum Tentu Aman
  3. Sebaiknya Dikombinasikan
  4. Resep MP-ASI Terbaik Bagi Si Kecil

Saat memasuki usia 6 bulan, hidup Si Kecil kini tidak hanya tergantung pada ASI. Moms bisa memberikan makanan pendamping ASI yang dikenal dengan nama MP-ASI. Nah, agar mudah dan lebih murah, banyak orangtua yang memberikan bubur bayi instan pada anak-anaknya.

Apakah Bubur Bayi Instan Aman?

Terkait aman atau tidaknya, hingga kini masih terdapat pro dan kontra terkait penggunaan bubur bayi instan. Ada yang percaya bubur bayi tidak aman karena kandungan bahan pengawet di dalamnya. (oleh Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan MS, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor)

Padahal menurut Ali, dalam produk MP-ASI tidak terdapat bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya. Pasalnya, hal ini sudah diatur ketat oleh BPOM dan Kodeks Internasional. Dengan kata lain, aturan seperti ini menyeluruh dan diterapkan di seluruh dunia.

Nah mengenai kenapa bisa disimpan lama, Ali menjelaskan jika ini karena teknologi pemrosesan makanan yang disebut dengan teknik drum drying atau teknik pengeringan drum, yang akan mengeringkan seluruh bahan sebelum diolah sehingga bakteri pembusuk tidak tumbuh di dalamnya.

Kondisi berbeda saat MP-ASI instan tersebut kemasannya rusak atau sudah diseduh, hanya dalam hitungan jam saja makanan tersebut akan langsung basi.

Dengan kata lain, MP-ASI instan termasuk aman dan bisa diskonsumsi Si Kecil. Tapi dalam hal ini, Moms pun harus memperhatikan kandungan di dalamnya. Usahakan memilih produk MP-ASI non-MSG dan rendah kandungan gulanya.

MP-ASI Alami Belum Tentu Aman

Sebaliknya, beberapa orangtua lebih memilih untuk mengonsumsi MP-ASI alami karena dianggap lebih aman. Padahal, fakta membuktikan jika MP-ASI alami pun belum tentu aman. (oleh Dr. Julistio Djais Sp. A (K), MKes, pakar kesehatan anak dari RSHS, Bandung)

Lebih lanjut lagi, Dr. Julistio menjelaskan jika membuat MP-ASI alami tidak semudah yang dibayangkan. Moms harus mempertimbangkan faktor lainnya, termasuk faktor kebersihan bahan baku (pestisida dan kotoran), cara mencuci, cara memasak hingga cara mengolahnya hingga jadi bubur bayi.

Ironisnya, banyak orangtua yang menambahkan pelezat rasa, seperti gula, garam, MSG dan lainnya, ke dalam MP-ASI yang mereka olah. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan, mengingat bahan tambahan tersebut berbahaya bagi tumbuh kembang Si Kecil.

Makanya, sebelum memutuskan untuk memilih MP-ASI alami, sebaiknya pastikan Moms tahu cara terbaik untuk mengolahnya, terutama kebersihan bahan-bahannya.

Sebaiknya Dikombinasikan

Utuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil, Moms disarankan untuk mengkombinasikan MP-ASI alami dan MP-ASI instan. (oleh Dr. dr. Damayanti Sjarif, Sp.A (K), Ketua Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia)

Mengenai pembagiannya, Moms bisa menggunakan MP-ASI instan saat pagi hari, dan MP-ASI alami di sore hari. Sementara siang dan malam hari, Si Kecil bisa mengonsumsi ASI.

Sementara menurut penelitian National Health Services, Inggris, menyebut jika MP-ASI berupa biskuit mengandung jumlah nutrisi, seperti kalsium dan zat besi yang lebih tinggi ketimbang MP-ASI alami yang dibuat di rumah.

Selain itu, pemberian camilan berupa biskuit merupakan salah satu cara terbaik untuk mengenalkan finger food kepada Si Kecil.

Resep MP-ASI Terbaik Bagi Si Kecil

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil, disarankan Moms membuat MP-ASI dengan kandungan nutrisi yang lengkap, termasuk protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, vitamin, serat dan lainnya. (oleh Dr Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC, dari RS St Carolus, Jakarta)

Berikut merupakan resep MP-ASI terbaik bagi Si Kecil.

Bahan

  • 5-7 sdm nasi merah
  • 1 buah brokoli, dikukus
  • 1 buah ati ayam, dikukus
  • 100 ml susu UHT putih

Cara Membuat

Blender semua bahan hingga lembut, kemudian hangatkan. Setelah itu, Moms bisa langsung memberikan MP-ASI ini kepada Si Kecil.

Sebagai variasi, Moms bisa mengganti brokoli dengan sayuran lainnya, seperti wortel kukus dan lainnya, atau bisa juga mengkombinasikan bahan-bahan tersebut. Sementara untuk sumber proteinnya, Moms bisa menambahkan telur rebus di dalamnya.

Jika ingin menu berbeda, Moms bisa membuat MP-ASI dengan bahan dasar buah-buahan, seperti alpukat, apel dan lainnya, yang dicampur dengan susu UHT. Cara membuatnya sama, diblender hinga lembut, dan berikan kepada Si Kecil selagi hangat.

 

artikel terkait