Artikel Parenting

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak untuk Tidak Membuang Makanan?

24
Bagaimana Cara Mengajarkan Anak untuk Tidak Membuang Makanan?

Moms, anda sering melihat si kecil enggan makan dan membuang makanannya? Pastinya momen seperti ini pernah dialami oleh anda para orang tua. Padahal di belahan dunia lain banyak sekali orang yang membutuhkan makanan untuk menyambung hidupnya. Kelaparan telah membunuh ribuan orang hampir tiap tahunnya. Kita yang hidup dengan cukup makanan tentunya tidak boleh mensia-siakan makanan yang ada di depan mata. Ada baiknya moms mengajarkan buah hati anda untuk tidak membuang makanan yang telah disajikan untuknya. Jangan salahkan si kecil juga jika ia enggan makan lalu membuang makanannya. Mungkin saja si kecil bosan atau tidak suka dengan menu makanan yang anda sajikan. Jika ternyata benar, satu-satunya solusi adalah mengganti menu makanan lama dengan menu makanan yang baru.

Namun jika ternyata bukan itu masalahnya, moms lakukan beberapa tips berikut. Tips-tips ini merupakan kumpulan tips yang diambil dari The Academy of Nutrition and Diabetic. Tips-tips ini menginformasikan pada anda tentang bagaimana cara mengajar anak-anak supaya tidak membuang makanannya.

Tips-tips agar anak tidak membuang makanannya:

  • Cek dan perhatikan menu makan siang di sekolah anak anda.
  • Biarkan anak momsanda yang menentukan makanan apa yang tidak ingin dan yang ingin di bawa sebagai bekal makan siang di sekolah
  • Minta anak untuk mencoba menu/ makanan baru.
  • Pastikan menu/ makanan baru yang ditawarkan pada anak anda adalah makanan yang familiar baginya
  • Sediakan banyak menu makanan baru di rumah anda
  • Hidangkan menu/ makanan baru yang berbeda setiap harinya
  • Jika anda sudah mengetahui jenis makanan yang disukai anak anda, cari resep-resep dengan teknik mengolah yang berbeda-beda. Pastikan anda dapat membuat olahan makanan yang berbeda dari 1jenis bahan makanan.
  • Pastikan menu makanan baru yang moms hidangkan memiliki nilai gizi yang lengkap dan seimbang agar perkembangan dan pertumbuhan buah hati anda sempurna dan optimal.

artikel terkait