Artikel Parenting

6 Manfaat Pijat Bayi

90
6 Manfaat Pijat Bayi

Banyak orangtua menganjurkan para ibu yang memiliki bayi untuk memijat bayinya entah memijat sendiri atau meminta bantuan dokter atau bidan. Mungkin Moms bertanya – tanya pentingkah memijat bayi? Jawabannya memijat memang tidak harus dilakukan tetapi memijat memberikan manfaat positif untuk si kecil. Bahkan pijat bayi sangat bermanfaat untuk bayi prematur dan bayi yang lahir lewat operasi Caesar yang bisa saja mengalami shock saat lahir. Pastinya, pijat memberikan sentuhan yang menenangkan dan mengingatkan bayi terhadap rasa nyaman saat ia masih berada di dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa manfaat positif pijat bayi.

  1. Bayi Lebih Sehat

Sentuhan – sentuhan lembut di tubuh si kecil akan membuat tubuhnya rileks sehingga membuat ia tidur lebih nyenyak setelah dipijat. Jika bayi tidur dalam waktu yang cukup ia tentu akan berada dalam keadaan kesehatan yang optimal sehingga ia makan lebih baik dan membuatnya jarang sakit. Selain itu, pencernaan bayi juga menjadi lebih lancar.

  1. Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Pijatan yang dilakukan oleh Moms sendiri kepada si kecil akan meningkatkan ikatan batin Moms dengannya. Bayi akan merasa lebih nyaman dan aman ketika ia mendapatkan sentuhan dari ibunya.

  1. Membantu Pernafasan Bayi

Bayi kadang mempunyai pola inhale – exhale yang masih belum lancar. Karena kulit merupakan organ tubuh manusia yang paling luas dan kaya saraf, memberikan pijatan akan membantu si kecil bernafas lebih teratur dan lega.

  1. Menstimulasi Hormon Pertumbuhan

Berdasarkan penelitian yag dilakukan oleh Touch Research Institure di Universitas Miami, bayi prematur yang menerima tiga kali pijat setiap hari selama 15 menit bobot tubuhnya akan naik hingga 53 persen dalam 5 hari dibandingkan bayi prematur yang tidak diberi pijat bayi.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berdasarkan penelitian terhadap bayi yang berusia 10 minggu, bayi yang punggungnya mendapat pijatan oleh ibunya lebih jarang terkena diare dan flu. Pijat bayi dapat membantu memperkuat hormon dan menjaga sistem pencernaannya.

  1. Menstimulasi Perkembangan Otak

Sedikit sentuhan di dada, wajah, kaki, dan tangan akan membuat otak bekerja merasa sensasi sentuhan yang beragam. Ini membuat perkembangan otak si kecil berjalan lancar.

Nah Moms, banyak sekali bukan manfaat pijat untuk bayi? Moms dapat belajar memijat bayi dari dokter atau bidan yang membuka kursus pijat sehingga Moms bisa memijat si kecil sendiri di rumah. Saat ini beberapa rumah sakit ibu dan anak juga sudah memiliki divisi khusus untuk melayani kursus pijat bayi.

artikel terkait