Artikel Parenting

5 Tahapan Bayi Belajar Berjalan

114
5 Tahapan Bayi Belajar Berjalan

Berjalan merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dipelajari oleh bayi di awal masa pertumbuhannya. Kebanyakan bayi akan mulai belajar berjalan pada usia 9 bulan dan mampu berjalan dengan lancar di usia sekitar 14 bulan. Dalam belajar berjalan, bayi akan mengalami beberapa tahapan. Bantuan dan pengawasan Moms akan sangat berguna bagi bayi untuk dapat menguasai ketrampilan – ketrampilan dasar termasuk berjalan dengan cepat dan juga aman.

  1. Tahapan awal dari proses belajar berjalan adalah berlatih untuk berdiri. Beberapa bayi mengawali proses belajar berdiri dengan merangkak, sedangkan beberapa bayi lain akan langsung belajar berdiri dengan bantuan Moms ataupun berpegangan pada benda – benda disekitarnya.
  1. Proses berikutnya adalah bayi belajar menekuk lutut dengan posisi berdiri. Latihan ini akan memperkuat tulang, sendi dan otot kaki yang nantinya akan digunakan sebagai penopang tubuh bayi ketika berjalan.
  1. Latihan memperkuat tulang, sendi dan otot kaki serta kemampuan koordinasi dan keseimbangan badan bayi akan dilanjutkan dengan proses belajar berdiri dan posisi duduk serta belajar duduk dari posisi berdiri.
  1. Selanjutnya bayi akan mulai belajar berpindah tempat dengan posisi berdiri dengan cara berpegangan. Bayi akan memulai langkah awal untuk mampu berjalan pada tahapan ini. Bantuan dari orang tua serta keberadaan perabotan rumah yang dapat digunakan berpegangan, merayap dan berpindah tempat dengan melangkahkan kaki akan sangat berguna pada tahapan ini.
  1. Selanjutnya bayi akan mulai meninggalkan pegangan karena telah memiliki kekuatan dan kemampuan koordinasi dan keseimbangan untuk melakukan gerakan berjalan.

Selain itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan moms dalam mendukung bayi belajar untuk berjalan. Salah satunya adalah membantu bayi melatih gerakan berdiri, duduk dan melangkah dengan menyediakan diri sebagai pegangan untuk membantu keseimbangan dan mengurangi beban yang harus ditumpu oleh kedua kaki bayi. Moms juga dapat menyediakan media belajar berjalan seperti menempatkan perabotan rumah yang tidak berbahaya secara berdekatan agar bayi belajar melangkah dengan berpegangan pada perabotan satu menuju ke parabotan yang lain. Pengawasan dan bantuan moms akan sangat berguna dalam membatu bayi melewati tahapan belajar berjalan hingga mampu berjalan dengan baik.

artikel terkait