Artikel Parenting

5 Cara Jitu Ajarkan Balita Sikap Baik Pada Orang Lain

395
5 Cara Jitu Ajarkan Balita Sikap Baik Pada Orang Lain

Mengajarkan sikap baik merupakan hal yang penting diajarkan sejak anak masih berusia balita. Kebiasaan bersikap baik sejak kecil akan membuat anak terbiasa melakukan hal-hal baik dengan orang di sekitarnya. Tidak sulit Moms untuk mengajarkan sikap baik pada buah hati kita.

1. Walk the talk, jadilah teladan

Ini adalah kunci utama yang harus diingat, anak adalah peniru ulung. Sebagai orangtua, Moms adalah teladan untuk anak-anak. Mereka akan meniru apa yang Moms lakukan, baik atau buruk. Jika Moms ingin anak-anak mempunyai sopan santun, maka Moms adalah orang pertama yang dapat mengajarkan mereka nilai baik ini.

2. Disiplin dengan adil

Jika Moms memiliki lebih dari satu anak, sebaiknya disiplinkan keduanya dan jangan hanya berpihak pada salah satu anak. Biasanya, orangtua memperlakukan anak yang lebih muda lebih kurang disiplin daripada yang paling tua. Jadi pastikan Moms adil terhadap mereka.

3. ‘Permisi, Tolong, Terima Kasih’

Moms dapat mengajarkan anak bersikap sopan mulai dari tata bahasa mereka. Gunakan ungkapan yang sopan seperti ‘permisi’, ‘tolong’, ‘terima kasih’, termasuk meminta ijin sebelum meminjam barang orang lain. Terkesan sederhana, namun kalau tidak dibiasakan sejak dini dalam keluarga, anak akan merasa janggal apabila harus mengatakan ini kepada orang lain.

4. Mulai sikap baik dari hal kecil

Dari segi tingkah laku, Moms dapat mengajari anak sopan santun dengan mencium tangan saat bersalaman dengan orang yang lebih tua, tata cara saat makan, dan menyapa orang lain. Hal-hal kecil seperti ini apabila dilakukan terus menerus, akan membentuk karakter dan kebiasaan baik pada anak.

5. Ajarkan rasa empati

Ajari anak untuk memiliki sikap empati atau peduli terhadap yang lain seperti memelihara binatang, menyayangi binatang, dan mau menolong. Agar si kecil nantinya tidak egois, ajarkan dia untuk berbagi sejak kecil seperti membagi kue atau meminjamkan mainannya kepada teman, kakak atau adik.

Anak-anak memang wajib diajarkan berperilaku baik di rumah maupun di lingkungan. Saat mengajak si kecil keluar, Moms jangan sampai lupa untuk memakaikan popok yang nyaman agar si kecil tetap merasa nyaman bermain dan bepergian ke luar. Saat anak merasa tidak nyaman dengan popoknya, ia cenderung menjadi rewel dan dapat mengganggunya untuk bersikap baik.

artikel terkait