Artikel Parenting

4 Penyebab Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi

58
4 Penyebab Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi

Salah satu penyebab bayi rewel adalah karena faktor akan tumbuh gigi. Selain rewel, bayi juga akan tumbuh gigi seri pertama umumnya akan mengalami tanda-tanda sebagai berikut:

  1. Demam.

Moms tak perlu cemas dengan demam yang satu ini karena demam yang disebabkan oleh karena akan tumbuh gigi tidak akan lebih dari 39 derajat Celsius. Demam ini juga akan sembuh dengan sendirinya

  1. Keinginan bayi untuk menggigit sesuatu semakin besar.

Hal ini disebabkan oleh karena bayi membutuhkan media untuk mengurangi rasa gatal dan sakit pada gusinya yang akan ditumbuhi gigi seri pertamanya. Untuk mengatasinya, berikan bayi anda teether atau juga bisa makanan yang dapat digigit oleh bayi anda. sebut saja potongan buah-buahan (apel, pear, melon, dan jenis buah lainnya yang teksturnya tak lunak ataupun terlalu keras).

  1. Bayi akan mengeluarkan liur yang lebih banyak.
  1. Gusi bayi anda akan mengalami bengkak

Untuk mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak, Moms dapat mengusap gusi bayi anda secara perlahan. Caranya, masukan jari anda ke dalam mulut bayi lalu usap gusi yang akan ditumbuhi gigi seri. Pastikan cuci tangan terlebih dahulu baru anda melakukannya. Dengan mengusap-usap gusi, bayi akan merasa lebih nyaman dan akan lebih tenang.

Tips untuk mengatasi bayi rewel karena akan tumbuh gigi antara lain:

  • Memberinya teether untuk digigit-gigit. Sebelum memberikannya pada bayi anda, pastikan anda sudah mencucinya dengan bersih agar kuman dan bakteri penyebab penyakit hilang. Bila perlu masukan teether ke dalam kulkas beberapa saat karena teether yang dingin akan membuat bayi lebih nyaman saat menggigitnya.
  • Berikan finger foods. Pastikan finger foods yang anda berikan pada bayi ini memiliki ukuran yang pas untuk digenggam. Hindari memberi bayi finger foods yang pedas, mudah membuat bayi tersedak, dan teksturnya yang terlalu lunak.
  • Konsultasikan dengan dokter.

Anda wajib mengkonsultasikan dengan dokter apabila bayi terus menerus rewel karena merasakan gusi yang nyeri. Biasanya dokter akan memberikan bayi anda obat anti-nyeri dengan dosis yang sesuai dengan usia bayi.

artikel terkait