Artikel Parenting

4 Penyebab Bayi Mendengkur

163
4 Penyebab Bayi Mendengkur

Mendengkur merupakan hal yang sepertinya lazim terjadi pada seseorang yang tengah tidur, namun kasus mendengkur sebenarnya terkait dengan proses bernafas yang tidak normal atau mengalami gangguan. Demikian halnya dengan kasus bayi yang mendengkur, dengkuran tersebut menandakan bayi mengalami masalah dalam bernafas ketika tidur. Ada beberapa hal yang cukup lazim menjadi penyebab bayi mendengkur ketika tidur. Moms sebaiknya mewaspadai kasus mendengkur dan berusaha menemukan penyebab bayi mengalami hal tersebut.

  • Salah satu penyebab bayi mendengkur yang paling lazim adalah sedang mengalami pilek sehingga saluran pernafasan mengalami sumbatan akibat cairan ingus. Cairan ingus dari hidung dapat mengalir ke arah tenggorokan ataupun tertelan dan menimbulkan suara mendengkur pada saat terjadi proses bernafas ketika bayi tidur.
  • Sumbatan atau gangguan pada saluran pernafasan dapat terjadi karena bayi mengalami alergi. Kebanyakan kasus alergi menimbulkan keluarnya cairan dari hidung ataupun memicu saluran pernafasan mengalami penyempitan. Cairan dan penyempitan saluran pernafasan akan memicu dengkuran pada bayi ketika tidur.
  • Makanan atau susu yang tidak tertelan secara sempurna dapat mengganggu saluran pernafasan dan menyebabkan bayi mendengkur. Moms sebaiknya memastikan bayi telah menelan makanan ataupun susu secara sempurna sebelum mengajaknya tidur. Kasus bayi yang tertidur ketika tengah minum susu juga dapat menjadi penyebab bayi tiba - tiba mendengkur ketika tidur.
  • Pembengkakan amandel atau adenoid juga dapat menjadi penyebab bayi mendengkur ketika tidur, proses terjadinya dengkuran sama seperti penyebab – penyebab lain yaitu jalan udara yang bergerak ketika bernafas mengalami gangguan penyempitan karena amandel atau adenoid yang mengalami pembengkakan.

Moms sebaiknya waspada dan melakukan pemeriksaan secara teliti jika tiba – tiba bayi mendengkur ketika tidur. Konsultasikan ke dokter anak jika ada kecurigaan bayi mengalami masalah gangguan saluran pernafasan yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Ada hal lain yang Moms sebaiknya tahu bahwa kasus mendengkur yang parah dapat menimbulkan otak bayi mengalami kekurangan oksigen ketika tidur, hal ini dapat memicu berbagai masalah yang kompleks seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

artikel terkait