Artikel Parenting

4 Masalah Bayi yang Tidak Perlu Dikhawatirkan

656
4 Masalah Bayi yang Tidak Perlu Dikhawatirkan

Banyak orang tua baru biasanya sangat khawatir dengan berbagai hal yang terjadi dengan bayinya. Ada beberapa hal yang sebenarnya adalah hal biasa tetapi sering dikhawatirkan oleh para orang tua. Hal ini dapat dipahami karena rasa sayang orang tua yang begitu besar untuk buah hatinya sehingga tidak ingin terjadi hal buruk sekecil apapun pada bayinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering dikhawatirkan oleh orang tua tetapi sebenarnya hal itu tidak perlu

Kotoran Bayi Berwarna Hijau atau Gelap

Saat bayi baru lahir, kotorannya cenderung berwarna kehitaman atau hijau kecoklatan. Moms tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena ini adalah hal yang wajar. Kotoran berwarna hitam kecoklatan itu disebut dengan mekonium. Mekonium terjadi karena cairan ketuban yang tertelan oleh bayi saat masih dalam kandungan dan ada di dalam ususnya selama tiga bulan sebelum lahir. Setelah itu, kotoran bayi setelah lahir warnanya juga akan berubah–ubah. Moms tidak perlu mengkhawatirkannya sejauh tidak berwarna merah, putih, atau putih keabuan.

Demam

Banyak orang tua merasa takut saat buah hatinya demam atau panas. Sebenarnya, Moms tidak boleh langsung panik karena suhu tubuh yang naik tidak selalu buruk. Demam merupakan tanda sistem imun tubuh bayi sedang melawan infeksi. Jika bayi usia di bawah tiga bulan suhunya naik menjadi 39 derajat Celsius atau bahkan lebih, Moms harus membanya ke dokter.

Tumbuh Gigi

Saat gigi bayi tumbuh, banyak orang tua percaya bayinya akan sakit. Namun Moms, ini sebenarnya hanyalah sebuah mitos. Tumbuh gigi tak akan menyebabkan bayi mengalami panas, diare, maupun penyakit yang lain. Tumbuh gigi biasanya hanya menyebabkan rasa tidak nyaman. Bayi memerlukan sesuatu yang dapat dikunyah dan dingin. Jangan pernah sekali–sekali Moms mengoleskan obat penghilang rasa sakit yang dioleskan di gusi karena ini dapat memicu efek samping yang tidak baik.

Bayi Bernapas Cepat

Moms mungkin melihat si kecil sepertinya bernapas lebih cepat daripada Moms. Jangan panik Moms bila ini terjadi karena ini sangat umum dialami oleh bayi baru lahir. Bahkan kadang dalam satu periode bayi tidak mengambil napas hingga 10 detik.

artikel terkait