Artikel Parenting

3 Gejala Bayi Mengalami Dehidrasi

132
3 Gejala Bayi Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi seseorang yang merasa sangat haus dan ingin minum bergelas-gelas air. Orang dewasa dehidrasi yang belum terlalu parah dapat diselamatkan konsumsi air putih, jika sudah parah maka akan jatuh pingsan. Kondisi seseorang yang mengalami dehidrasi sangat berbahaya terlebih menyerang seorang bayi. Moms perlu tahu dehidrasi juga dapat menimpa bayi-bayi di dunia. Gejala dehidrasi yang menyerang seorang bayi terkadang tidak mampu dikenali secara baik oleh para orangtua. Sebelum bayi Moms mengalami dehidrasi, sangat tepat untuk mengetahui tiga buah gejala bayi mengalami dehidrasi.

1. Bayi Mudah Rewel

Bayi memang mudah sekali rewel atau menangis. Menggendong bayi saat rewel maka akan cepat membuat nyaman bayi Moms. Suara tangisan bayi menjadi mulai tidak terdengar. Tetapi jika Moms sudah menggendong dan bayi tetap rewel maka termasuk gejala bayi mengalami dehidrasi. Terjadi dehidrasi karena ada bayi yang aktif bergerak sehingga membuat banyak energi yang keluar. Ada pula bayi yang tenang namun banyak mengeluarkan cairan dari kulit maupun sering buang air kecil.

2. Bayi Mengalami Diare

Bayi yang mengalami dehidrasi juga akan terlihat ketika terserang penyakit diare. Pencernaan bayi masih tergolong sensitif dan beradaptasi. Salah memberikan asupan makanan atau minuman maka pencernaan bayi akan terganggu. Kurang higienis olahan makanan atau minuman yang Moms berikan dapat membuat bayi mengalami diare. Bayi mau tidak mau mengeluarkan kotoran dalam bentuk cairan. Jika tubuh terpaksa mengeluarkan banyak cairan maka jelas akan mengalami gejala dehidrasi. Moms perlu memaksa bayi Moms untuk minum teratur ketika mengalami diare.

3. Bayi Mengalami Penurunan Daya Tahan Tubuh

Bayi Moms terlihat kurang sehat yang mudah lelah termasuk gejala bayi mengalami dehidrasi. Bayi Moms yang sering terserang penyakit batuk dan pilek juga membuat banyak cairan dalam tubuh keluar. Moms perlu tanggap jika bayi Moms mengalami batuk dan pilek untuk teratur memberikan air putih dan susu.

Jadilah Moms yang peduli dengan kesehatan bayi Moms. Lihat dengan baik daya tahan tubuh bayi Moms. Jika mengalami kondisi dan gejala pemicu dehidrasi maka bekali dengan konsumsi air yang banyak.

artikel terkait