Artikel Parenting

2 Cara Aman Latih Bayi Belajar Berdiri

54
2 Cara Aman Latih Bayi Belajar Berdiri

Moms pasti ingin memiliki bayi yang tumbuh dengan sehat dan berkembang dengan pesat. Salah satu ketrampilan dasar yang diharapkan telah dikuasai bayi pada usia 7 hingga 9 bulan adalah berdiri. Meskipun begitu ada beberapa bayi yang mampu berdiri lebih awal ataupun mengalami keterlambatan memiliki kemampuan berdiri. Melatih atau membantu bayi belajar berdiri merupakan salah satu tugas Moms dalam merawat serta mendampingi bayi tumbuh dan berkembang. Ada beberapa cara melatih bayi belajar berdiri dengan aman yang dapat dilakukan moms.

  • Cara paling sederhana membantu anak belajar berdiri dengan aman adalah dengan memeganginya secara langsung. Moms dapat memegang bagian badan ataupun tangan bayi untuk membantu melatih otot kaki serta kemampuan koordinasi dan keseimbangan tubuh bayi. Cara ini dapat dilakukan dengan mengulang – ulang gerakan duduk menuju berdiri untuk kemudian duduk kembali.
  • Mengajarkan anak untuk berpegang pada sesuatu yang kuat dan lembut seperti sofa dapat menjadi alternatif lain mengajarkan anak berdiri. Menggunakan tempat berpegangan yang cukup panjang dapat memicu naluri anak yang ingin berpindah tempat untuk sekaligus belajar berjalan.

Selain itu ada beberapa tips lain yang dapat dilakukan moms agar bayi dapat belajar berdiri dengan aman dan nyaman.

  • Pilih tempat yang tidak licin dan cukup empuk namun tidak terlalu empuk sehingga pijakan bayi dapat stabil seperti permukaan karpet.
  • Kenakan pakaian yang nyaman. Hal ini berlaku bagi moms dan juga bagi bayo karena akan ada banyak gerakan fisik yang membutuhkan keleluasaan dan juga kemungkinan berkeringat akibat aktivitas fisik yang dilakukan. Moms dapat memakaikan popok yang nyaman dan tidak mengganggu gerakan kaki bayi ketika melakukan gerakan duduk dan berdiri seperti popok Merries yang dibuat dengan bahan yang lembut dan lentur untuk kenyamanan bergerak serta bahan berpori untuk sirkulasi udara agar bayi tidak merasa gerah akibat berkeringat di bagian yang tertutup popok.

Ketekunan moms dalam membantu bayi belajar berdiri akan membuat moms dan bayi semakin dekat, menumbuhkan rasa percaya diri bayi serta membuat bayi semakin terlatih melakukan interaksi dengan orang lain.

artikel terkait