Home > Ask Expert > perutnya membesar

perutnya membesar

Oleh solihatun | 2 tahun lalu

dok katanya semua anak akan mengalami campak dan cacar, wajar tidak dok jika anak saya mengalami campak di umur 3 tahun? karena anak pertama saya kena campak ketika sudah 8 tahun.

Jawaban Pakar

Hello Mom, boleh saya luruskan dulu ya. Mungkin yang Mom maksud adalah penyakit cacar air ya? Karena penyakir cacar sudah tidak ada lagi di Indonesia sejak tahun 1980-an berkat imunisasi nasional. Tidak semua anak harus mengalami penyakit cacar air ataupun campak. Bahkan dengan adanya imunisasi untuk penyakit cacar air (varicella) yang diberikan untuk anak usia > 1tahun dan campak pada usia 9 bulan, 15 bulan dan 6 tahun, penyakit ini sudah mulai jarang diderita anak-anak. Penyakit-penyakit infeksi memang lebih mudah mengenai anak-anak karena daya tahannya belum begitu baik. Jadi untuk si kecil yang baru berusia 3tahun dan terkena campak, bisa jadi karena saat bertemu dengan orang yang menularkan, daya tahan si kecil sedang tidak optimal. Namun perlu ditambahkan, memang imunisasi tidak 100% memberi perlindungan, namun dapat mencegah terjadinya komplikasi yang dapat disebabkan oleh penyakit tersebut. Untuk Mom dan anggota keluarga lain yang belum terkena penyakit tersebut sebaiknya diimunisasi juga lho, Mom, agar tidak terkena dan tidak menularkan kepada orang lain.

Berikut jawaban dari dr.Fita Moeslichan, SpA. Moms. Tetap berhati-hati dalam merawat Si Kecil ya, Moms. Berikan kasih sayang kepada Si Kecil, dengan tentunya memberikan yang terbaik untuknya.

#MerriesExpert

Oleh dr. Fita Moeslichan SpA | 1 tahun lalu

Pertanyaan Terkait

  • perutnya membesar

    dok katanya semua anak akan mengalami campak dan cacar, wajar tidak dok jika anak saya mengalami campak di umur 3 tahun? karena anak pertama saya kena campak ketika sudah 8 tahun.

    Oleh solihatun | 2 tahun lalu | Sudah Jawab