Merries For Moms

Kemampuan-Kemampuan Ini Wajib Dimiliki Anak Usia 1-2 Tahun

0 294
Kemampuan-Kemampuan Ini Wajib Dimiliki Anak Usia 1-2 Tahun

Manusia memiliki suatu masa dimana mereka mampu menyerap berbagai pengetahuan dan keahlian dengan cepat yaitu pada masa bayi dan anak-anak. Inilah yang sering disebut sebagai masa “Golden Age” atau masa emas. Untuk Si Kecil yang berusia 1 hingga 2 tahun, mereka sedang dalam masa keemasan yaitu pertumbuhan otak akan menjadi sangat pesat. Hal inilah yang akan menimbulkan munculnya berbagai macam kemampuan Si Kecil selama masa tumbuh kembangnya.

Kemampuan Pada Si Kecil

Ada beberapa patokan yang akan mengukur apakah pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil dalam keadaan yang baik atau tidak. Beberapa hal yang menjadi patokan bagi orang tua pada umumnya antara lain seperti keaktifan Si Kecil, sering mengoceh, nafsu makan yang tinggi, dan sebagainya. Akan tetapi hal tersebut saja tidaklah cukup untuk memastikan kalau Si Kecil terutama yang berusia 1-2 tahun memiliki tumbuh kembang yang baik.

Wajib Dimiliki

Berikut ini adalah beberapa kemampuan Si Kecil yang harus mereka miliki pada usia emas tersebut.

Kemampuan Berbicara

Pada umumnya pada Si Kecil yang telah berusia 1 hingga 2 tahun sudah dapat berbicara. Walaupun belum dapat mengucapkan rangkaian kalimat utuh secara lancar, paling tidak Si Kecil memiliki banyak kosa kata dan mampu mengucapkannya sesering mungkin. Si Kecil juga harus mampu mengucapkan kata-kata dengan huruf vocal a,I,u,e,o seperti mama, papa, bobo, bibi, dll. selain itu, Si Kecil dalam usia ini juga harus mampu berhitung atau mengucapkan beberapa angka walaupun dari 1 sampai 5 saja. Jangan sampai Moms membiarkan Si Kecil memiliki kemampuan berbicara yang lamban dalam usia ini karena akan menghambat perkembangan otaknya.

Kemampuan Berjalan

Si Kecil memang mungkin belum bisa berjalan tegak dengan lancar dan dalam waktu yang terlalu lama. Akan tetapi, ia sebaiknya sudah dapat merangkak dan berjalan dengan cara merambat atau dibantu oleh Moms dan Dads.

Kemampuan Mendengarkan dan Memperhatikan

Kemampuan Si Kecil yang lainnya adalah mampu menangkap perintah dari orang lain seperti kalimat larangan ataupun perintah. Moms dan Dads dapat melatihnya secara perlahan yaitu dengan mengucapkan kata “jangan, tidak boleh, dll” atau kalimat perintah seperti “ayo, kemari, makan, minum, dll.”

Kemampuan Motorik

Kemampuan ini meliputi aktivitas bermain Si Kecil seperti mewarnai, mencoret-coret, bermain mainan yang lain. Agar dapat meningkatkan kemampuan motorik Si Kecil maka Moms dan Dads bisa mengajarinya menari, mendengarkan musik, menyusun mainan balok, dan sebagainya.

Moms dan Dads sebaiknya lebih sering untuk membimbing dan mengajari Si Kecil, terutama pada masa keemasannya yaitu usia 1 hingga 2 tahun. Perhatikan serta usahakan agar berbagai kemampuan Si Kecil dapat dikembangkan dengan baik. Hal ini sangat penting sekali untuk membantunya mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang sempurna di masa depan.

artikel terkait

komentar